Menu

Terkuak! Ini 5 Manfaat Mujarab Buah Lemon, Bisa Cegah Batu Ginjal Hingga Jantung

01 Februari 2023 07:01 WIB

Air lemon. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, lemon merupakan salah satu buah yang kaya manfaat baik untuk tubuh. Meski rasanya asam, buah yang satu ini mengandung nutrisi yang beragam, lho.

Di dalamnya terdapat vitamin C, vitamin B, protein, kalsium, kalium, dan banyak nutrisi lainnya. Gak heran jika buah lemon dinobatkan sebagai buah yang mujarab, Beauty.

Gak cuma dijadikan minuman, lemon juga sering jadi bahan pendamping makanan, lho. Cita rasa makanan akan semakin kaya setelah ditambahkan perasan lemon.

Selain rasa asamnya yang menyempurnakan rasa, khasiat buah ini juga sangat baik untuk kesehatan, lho. Organ penting tubuh dapat terawat dengan baik jika mengonsumsi lemon secara rutin.

Nah, kira-kira apa saja manfaat dari buah lemon ini, Beauty? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah HerStory rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/2/2023), berikut ini.

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu kandungan yang kaya dalam buah lemon adalah vitamin C. Kandungan ini teruji mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, Beauty. 

2. Merontokkan lemak tubuh

Lemon memiliki sifat diuretik untuk detoksifikasi. Oleh karena itu, buah yang satu ini dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. 

Gak heran jika lemon dijadikan sebagai buah yang cocok untuk menemani diet jika kamu ingin menurunkan berat badan, Beauty. Kandungannya dijamin bisa merontokkan lemak dalam tubuhmu.

3. Mencegah batu ginjal

Batu ginjal merupakan benjolan kecil yang terbentuk dari tumpukan limbah yang mengkristal. Kristal tersebut kemudian menumpuk di ginjal dan disebut sebagai batu ginjal.

Buah lemon ternyata mampu mencegah risiko pembentukan batu ginjal, Beauty. Asam sitrat dalam lemon akan meningkatkan volume urin dan pH urin menjadi tinggi sehingga batu ginjal sulit terbentuk di area tersebut.

4. Mencegah risiko anemia

Zat besi juga termasuk dalam kandungan lemon. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya anemia.

Selain itu, asam sitrat dan vitamin C yang ada dalam lemon akan membantu tubuh dalam menyerap zinc atau zat besi dalam makanan yang kamu konsumsi. 

5. Melancarkan pencernaan

Kandungan lemon sangat baik untuk melancarkan pencernaan di mana buah ini terdiri dari 10 persen karbohidrat dan sebagian lainnya merupakan serat larut dan gula sederhana.

Serat utama pembentuk lemon adalah pektin yang mana merupakan serat larut yang mampu meningkatkan kesehatan usus. Serat ini pulalah yang akan memperlambat pencernaan gula dan pati sehingga kadar gula darah juga akan menurun, Beauty.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari buah lemon yang baik untuk kesehatan tubuh. Siap untuk mengonsumsinya secara rutin, Beauty?

Share Artikel:

Oleh: Noorma Amalia Siregar