Menu

Miss V Bau Amis? Waspadai Penyakit Ini Beauty, Bikin Ngeri!

01 Februari 2023 14:15 WIB

Ilustrasi menjaga kesehatan organ intim wanita. (unsplash/Timothy Meinberg)

HerStory, Jakarta —

Beauty, vagina atau Miss V yang bau sebenarnya merupakan kondisi yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun, jika Miss V memiliki bau amis berarti kamu harus waspada.

Mengutip dari laman Times of India, Rabu (1/2/2023), penyebab Miss V bau amis yang paling umum adalah vaginitis, yaitu peradangan pada Miss V yang bisa menyebabkan gejala, seperti keputihan, gatal, dan nyeri.

Hal ini bisa terjadi karena perubahan keseimbangan bakteri Miss V atau infeksi. Selain itu, menopause bisa menyebabkan penurunan kadar estrogen yang menjadi penyebab vaginitis.

Nah Ternyata, ada beberapa jenis vaginitis yang menyebabkan Miss V bau amis, salah satunya adalah bakteri vaginosis (BV). Sudah tahu belum, Beauty?

Vaginosis bakteri adalah infeksi yang terjadi karena pertumbuhan berlebih dari bakteri yang secara alami ditemukan di Miss V.

Ciri bau Miss V yang disebabkan vaginosis bakterialis adalah bau amis yang menyerupai bau ikan, terutama setelah melakukan hubungan intim.

Selain itu, Miss V akan mengeluarkan keputihan berwarna abu-abu atau putih, berbuih, dan memiliki tekstur yang encer.

Selain vaginosis bakterialis, ada juga jenis vaginitis lainnya, yaitu trikomoniasis atau infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh parasit.

Penyakit ini terkadang enggak bergejala, tapi infeksi yang terjadi sering kali menyebabkan Miss V berbau amis atau berbau busuk.

Cara mengurangi risiko

Vaginosis bakterialis dan trikomoniasus bisa dicegah dengan kebiasaan yang sehat. Yuk, simak beberapa cara mencegahnya berikut ini!

  1. Mempraktikkan kebersihan kesehatan seksual yang baik
  2. Mengenakan celana dalam berbahan katun yang enggak terlalu ketat
  3. Menggunakan kondom untuk seks yang aman

Nah, itulah risiko penyakit saat Miss V berbau amis dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat, ya!