Menu

Pantesan Berat Badan Gak Pernah Turun, Ahli Sebut 5 Pantangan Ini Jadi Penghalang Diet, Stop Sekarang Ya!

02 Februari 2023 16:05 WIB

Ilustrasi diet. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, mengurangi berat badan bukanlah proses mudah yang hanya butuh sedikit usaha. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan agar program menurunkan berat badan berhasil, bukan?

Jika ingin sukses menurunkan berat badan, butuh dedikasi dan motivasi agar kamu berhasil mencapainya. Gak hanya soal mengurangi makan saja, kamu juga harus berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat.

Melansir Eat This, Kamis (2/2/2023), Victoria Brady, selaku pelatih fitnes personal, membagikan beberapa informasi di balik kegagalan sebuah diet menurunkan berat badan. Menurutnya, ada kebiasaan buruk yang kerap tetap dilakukan meski sedang diet.

Nah, kebiasaan buruk inilah yang akan menghambat proses penurunan berat badan kamu, Beauty. Untuk informasi lebih lanjut, yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Ngemil sembarangan

Menurut Brady, ngemil sembarangan menjadi salah satu hal yang akan menghambat penurunan berat badan. Apalagi biasanya kamu gak akan menghitung jumlah kalori yang dikonsumsi, akibatnya ada kemungkinan kamu makan berlebih. 

“Gak peduli mau ‘makanan sehat’ atau engga, makan terlalu banyak secara sembarangan adalah kebiasaan buruk,” terangnya.

2. Melewatkan waktu makan

Melewatkan waktu makan akan membuat tubuh kelaparan. Menurut Brady, kondisi ini semakin berbahaya, sebab tubuh jadi ingin makan makanan sembarangan. 

“Akibatny,a kamu jadi mengonsumsi makanan yang kurang baik karena muncul rasa lapar. Biasanya kamu akan memiliki makanan cepat saji yang menyediakan makanan secara cepat,” ungkapnya.

3. Meminum kalori berlebih

Banyak yang gak sadar bahwa minuman juga ada yang mengandung kalori. Akibatnya, tubuh menyerap kalori berlebih karena mengonsumsi minuman manis berlebihan.

“Banyak yang gak sadar seberapa banyak kalori yang diminum oleh seseorang. Di sisi lain, minuman itu juga cenderung mengandung banyak gula yang membuat rasanya lebih manis dan enak,” jelas Brady.

4. Kurang istirahat

Beauty, menurunkan berat badan gak melulu soal mengatur pola makan, lho. Kamu juga harus mendapatkan tidur yang cukup agar stamina dan kualitas kerja tubuh tetap terjaga.

“Tubuh yang kekurangan tidur cenderung ingin mengonsumsi karbohidrat dan kalori berlebih untuk memulihkan tenaga. Ketidak seimbangan hormon karena kurang tidur menyebabkan kamu butuh makanan ekstra agar tetap terjaga,” paparnya.

5. Olahraga berlebih yang gak diseimbangi dengan asupan nutrisi

Olahraga merupakan kegiatan yang baik dan dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Namun, perlu diketahui bahwa kamu butuh keseimbangan antara olahraga dan asupan nutrisi.

Brady menegaskan bahwa jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan sehat, maka sebaiknya fokus terhadap perbaikan pola makan.

Menyeimbangkannya dengan olahraga memang baik, namung jangan dilakukan secara sembarangan sebab berbahaya bagi tubuh.

“Sebanyak 80 persen dari penurunan berat badan dipengaruhi dari apa yang kamu konsumsi, sedangkan 20 persen lainnya adalah hasil dari olahraga,” tandasnya.