Menu

Bahaya! Pakai Air Liur untuk Pelumas Seks, Ternyata Dampaknya Gak Main-main Lho Moms, Simak Penjelasannya...

02 Februari 2023 22:35 WIB

Illustrasi air liur pelumas seks (Unsplash/Doenblack)

HerStory, Jakarta —

Kebanyakan pasangan suami istri terinspirasi dari beberapa tayangan video porno, salah satunya pada cara menggunakan air liur sebagai pelumas seks.

Bagi sebagain orang juga menggunakan air ludah lebih praktis dibandingkan dengan pelumas yang dijual di pasaran.

Psikolog Klinis, Inez Kristanti menerangkan air liur atau ludah mengandung bakteri yang berbeda dari bakteri baik di vulva atau vagina. pH ludah juga berbeda dengan pH di vulva/vagina.

"Beberapa orang pake ludah untuk jadi pelumas/lubricant. Ini alasannya itu gak disarankan. Jadi meludah di vulva/vagina bisa mengganggu keseimbangan pH dan berisiko menimbulkan infeksi bakteri," ungkap Inez dilansir dari Fajar.co.id, Kamis (02/02/2023).

Ia menegaskan air ludah gak disarankan jadi pelumas. Karena teksturnya yang encer. Padahal semestinya pelumas itu sifatnya licin, kental, dan melumaskan.

"Ludah gak bisa dijadiin lubrikan. Ludah itu encer, lubrikan seharusnya sifatnya licin, lebih kental, dan melumaskan," jelasnya.

Menurutnya, menggunakan air liur sebagai penetrasi saat having seks dapat membuat vagina menjadi kering dan terasa nyeri, atau bahkan lecet dan iritasi ketika berhubungan.

Inez menyarankan kepada pasangan untuk menggunakan pelumas seks sungguhan yang berbahan dasar air, silikon, dan minyak.

"Maksimalkan lubrikasi alami dengan foreplay atau pakai lubrikan yang beneran lubrikan untuk seks. Jangan ngadi-ngadu pakai minyak-minyakan yang lain ya," terang Inez.