Menu

Intip 5 Sifat Anak Pertama yang Katanya Paling Bijaksana, Bener Nggak Nih Moms?

18 Desember 2020 17:30 WIB

Ibu mengajak anaknya untuk memasak bersama. (Pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Meski terlahir dari rahim yang sama, anak punya karakteristik khasnya sendiri. Sifat anak sulung bisa sangat berbeda dengan sifat adik-adiknya. Katanya, anak sulung lebih dewasa dan lebih bertanggung jawab. 

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa fakta lain yang katanya ada pada diri anak pertama. Bener nggak nih Moms?

1. Bisa Diandalkan

Karena biasa diberi tanggung jawab dan bisa menyelesaikan dengan baik, sifat kedewasaanya akan lebih menonjol dibanding saudara-saudaranya. Jika banyak orang yang lebih percaya ke sulung daripada adiknya, itu karena sisi kedewasaan dan pengalaman dalam hidupnya sendiri.

2. Melankolis

Setangguh apapun anak pertama, sebenarnya hatinya sangat lembut. Bahkan ia juga bisa berubah cengeng dan mengangis saat sesuatu yang buruk menimpa orang tersayangnya. Hanya saja terkadang ia menyembunyikan kelemahannya di hadapan orang lain. 

3. Paling Rajin dan Suka Menolong

Menjadi anak tertua otomatis tanggung jawab yang diberikan orang tua lebih besar. Inilah yang membuat si sulung menjadi paling rajin di antara saudara-saudaranya. Kebiasaan baik ini biasanya juga akan terbawa saat si sulung hidup di masyarakat. Berkat terbiasa dengan tanggung jawab, ia akan lebih peduli terhadap lingkungan dan juga suka menolong sesama yang membutuhkan bantuannya.

4. Egois tapi Perhatian

Anak pertama adalah anak yang paling dinanti oleh orang tua. Ia mendapatkan limpahan kasih sayang dan manjaan dari kedua orang tua. Terkadang hal ini yang membuat anak tersebut menjadi sedikit egois dan keras kepala. Tapi tentu saja sikap ini perlahan akan hilang di saat anak tersebut beranjak dewasa, apalagi jika perempuan. Meski dia keras kepala, sebenarnya dia perhatian, loh Moms.

5. Bijaksana

Dewasa dan memiliki banyak ilmu adalah ciri anak pertama. Ia akan bisa memberikan saran yang bijak untuk adik-adiknya, dan sering kali anak pertama berperan sebagai konsultan dan bahkan seorang konselor bagi adik-adiknya.