Menu

Intip Tipe-tipe Kepribadian Anak, Si Kecil Masuk ke yang Mana Nih Moms?

20 Desember 2020 16:00 WIB

Illustration of Spoiled Child (Fancy New Me/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Setiap anak terlahir dengan sifat yang berbeda-beda. Bahkan anak kembar pun bisa memiliki sifat yang bertolak belakang. Dilansir dari Buzzdrama, ada lima tipe kepribadian anak yang bisa diidentifikasi dalam diri anak.

Anak-anak dapat menampilkan karakteristik dari berbagai tipe kepribadian dan setiap orang tentu saja akan bernuansa, rumit dan mempesona dalam gaya mereka. Dengan mengetahuinya, Moms bisa lebih baik lagi dalam memperlakukan si kecil sesuai dengan kepribadiannya.

Wild Child - Berani dan lantang

Tidak peduli apakah anak laki-laki atau perempuan, sifat berani dan lantang ini tumbuh pada keduanya. Anak dengan tipe ini biasanya memilki rasa ingin tahu yang tinggi. Moms harus lebih berhati-hati dan mengawasi terus si kecil saat beraktivitas. Benjolan, memar, dan rambut yang berantakan bisa terjadi ketika ia sedang mengeksplorasi sesuatu. 

Ketika terjadi, jangan melabeli anak dengan sebutan nakal ya Moms. Mungkin saja si kecil termasuk anak yang wild dan berpotensi menjadi pemikir atau pemimpin masa depan. Keberanian mereka adalah keindahan mereka dan harus dimanfaatkan, diberi platform, dipelihara dan dihargai.

Si Tidak Bisa Diam - Tubuh sibuk dan mudah teralihkan 

Anak dengan tipe ini selalu aktif bergerak ketika menjalani hai-harinya. Biasanya hebat olahraga, menari dan sebagainya. Duduk diam untuk waktu yang lama sulit bagi mereka. Tempatkan anak-anak seperti ini di lingkungan di mana mereka dapat melepaskan diri dan melepaskan semuanya dan Moms akan melihat anak yang sama sekali berbeda. Beberapa anak belajar secara fisik dan perlu melibatkan seluruh tubuh fisiknya, tidak hanya dari pinggang ke atas. Tugas kita adalah menyediakan lingkungan yang mereka butuhkan.

Limelight Lover - Flamboyan dan nyaring

Anak dengan tipe ini berkemauan keras dengan kepribadian besar. Permainan rias wajah, bercerita, berpura-pura, dan berdandan adalah favorit mereka! mereka bisa tumbuh untuk berkontribusi pada dunia sebagai seniman, aktor, penyanyi, penari, penulis, dan pengusaha.

Jiwa Sensitif - Tidak suka perhatian yang berlebihan

Anak tipe ini memiliki jiwa yang tenang. Terkadang mereka takut akan perubahan, kelompok atau situasi baru. Penting untuk menerima sifat sensitif dan lembut anak-anak ini sebagai hal yang baik, sembari memberi mereka kepercayaan diri untuk tidak takut.

Walky Talky - Cerewet dan hobi bertanya

Anak dengan tipe ini memiliki hasrat ingin tahu, haus akan informasi, dan ingin sekali berbagi informasi itu dengan dunia! Ingin tahu "mengapa", "bagaimana" dan "apa" tentang segala hal. Tanpa perlu diminta untuk bercerita, dia akan bercerita duluan mengenai apa yang ia alami sehari-hari.

Anak-anak ini sering tumbuh menjadi inovator, ilmuwan, pemikir, penulis, jurnalis, dan insinyur. Rasa ingin tahu dan berani akan membantu mereka  membentuk dunia di masa depan.