Menu

Dijamin Lahap! Ini 7 Jenis Sarapan yang Menggugah Selera Si Kecil, Bisa Nambah Kalau Gini Moms!

08 Februari 2023 08:20 WIB

Ilustrasi sarapan bersama keluarga. (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Biasanya kebiasaan para ibu rumah tangga memasak menu sarapan pagi terbagi menjadi dua yakni mereka yang membuat sarapan tergantung menu yang sudah direncanakan dan mereka yang membuat sarapan berdasarkan bahan yang tersedia di dapur.

Banyak di antara ibu-ibu rumah tangga yang tak tahu bahwa menu sarapan pagi memiliki peran penting dalam kelangsungan tumbuh kembang anak lho Moms.

Jika ditanya masakan apa yang bagus untuk sarapan si anak, mereka pasti akan bingung untuk menjawabnya dan akhirnya membuat menu sarapan seadanya saja tanpa mempertimbangkan kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan anak pada pagi hari.

Tapi tenang Bun, tak perlu bingung lagi. Di bawah ini adalah 7 menu sarapan yang sehat untuk anak, sebagaimana dilansir dari hellosehat.com melalui laman sindikasi konten Suara.com.

1. Oatmeal buah

Menu pertama yang bisa menjadi pilihan Moms adalah oatmeal buah. Cara membuatnya adalah dengan merendam oatmeal dan susu atau yogurt selama satu malam dalam toples kedap udara.

Barulah besok paginya Moms campurkan oatmeal tersebut dengan potongan buah. Buah yang dipilih sebaikanya menggunakan buah yang paling disukai anak kamu.

2. Oatmeal panggang

Masih dari bahan oatmeal, kamu dapat mencampurkan secara merata oat, susu cair, telur, ekstrak vanila, gula aren, dan potongan buah-buahan, kemudian panggang bahan-bahan tersebut hingga benar-benar matang.

3. Muffin telur dan sayuran

Jika anak kamu menyukai telur dan sayuran, maka menu ini akan sangat cocok untuk anak kamu.

Campurkan telur, tepung terigu, dan juga sayuran, setelah itu masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam cetakan kecil. Panggang bahan tersebut sampai matang.

4. Taco telur orak arik

Terlebih dahulu buatlah telur orak arik, kemudian campurkan garam secukupnya. Setelah jadi, sajikan dengan tortilla jagung atau taco yang sudah digoreng.

5. Nasi goreng sayuran

Nasi goreng juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan menu sarapan pagi si kecil.

Yang menjadi poin penting adalah untuk menambahkan protein yang cukup, serta mencampurkan sayuran ke dalam nasi goreng tersebut.

6. Bubur sorgum dan pir

Bubur sorgum menjadi salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk sarapan anak. Hal ini dikarenakan sorgum merupakan sejenis gandum yang bebas gluten. Untuk hasil terbaik, Moms dapat mencampurkan buah pir atau buah lainnya ke dalam bubur ini.

7. Roti selai kacang dan pisang

Jika sekiranya Moms sedang sibuk, ada satu menu sarapan yang cukup simpel untuk disajikan.

Roti bisa menjadi pilihan bagus untuk menjadi menu sarapan si kecil, jangan lupa oleskan juga selai kacang dan pisang agar kandungan nutrisinya lebih lengkap ya Moms!

Nah, itulah 7 menu sarapan sehat yang cocok untuk anak-anak. Semoga bermanfaat ya!

Artikel Pilihan