Menu

Red Flag... Ini 3 Tanda Pernikahan yang Sudah Tak Bisa Dipertahankan dan Terancam Kandas, Jangan Dinormalisasi Ya Moms!

09 Februari 2023 13:05 WIB

Ilustrasi hubungan asmara. (Unsplash/Toa Heftiba)

HerStory, Jakarta —

Moms, pernikahan merupakan sebuah lembaran baru yang dibuka bersama dengan suami. Sayangnya, gak semua orang memiliki ending yang bahagia setelah membuka kisah baru tersebut.

Beberapa pasangan suami istri menghadapi masalah berat yang menimpa pernikahan mereka. Bahkan, keduanya sampai di titik rapuh hingga tak bisa lagi mempertahankan ikatan tersebut.

Rumah tangga yang hancur secara perlahan juga akan menghancurkan dirimu, Moms. Oleh karena itu, gak ada salahnya untuk mempertimbangkan perceraian agar kamu terbebas dari ikatan yang menyakitkan.

Lalu, bagaimana caranya agar tahu bahwa rumah tangga sudah gak bisa lagi dipertahankan?

Berikut HerStory rangkum informasi selengkapnya yang sudah dilansir dari laman Times of India, Kamis (9/2/2023), Moms.

1. Hilangnya rasa saling menghormati

Rasa saling menghargai antara pasangan suami istri adalah pondasi dari pernikahan. Kalau hal mendasar ini sudah hilang, maka besar kemungkinan pernikahanmu gak akan bertahan lama, Moms.

Pertengkaran dan adu mulut yang berkepanjangan secara perlahan akan mengikis rasa hormat. Akhirnya yang tersisa antara kamu dan suami adalah rasa marah dan dendam saja, Moms.

2. Perselingkuhan 

Pernikahan juga bisa hancur akibat adanya perselingkuhan. Hal ini akan merusak kepercayaan yang ada dan apabila pasangan enggan untuk mengakhiri hubungan gelap itu, maka berarti gak ada lagi yang bisa dipertahankan dari rumah tangga.

Gak peduli seberapa besar usahamu untuk membuat suami berhenti mendua, ia gak akan berubah kecuali dirinya memang ingin, Moms. Gak heran jika permasalahan ini menjadi badai besar yang dapat mengguncang pernikahan.

3. Kekerasan fisik dan mental

Adanya kekerasan berarti hubungan sudah gak sehat dan sulit untuk memperbaikinya. Gak hanya menyisakan patah hati, kekerasan fisik dan mental juga berisiko menyebabkan adanya kerusakan tubuh, Moms.

Menahan rasa sakit demi mempertahankan pernikahan bukanlah hal yang mudah. Gak ada satupun orang yang berhak untuk menerima perlakukan kasar, apalagi dari pasangannya sendiri.

Nah, itu dia beberapa tanda bahwa pernikahan sudah gak bisa lagi dipertahankan. Bagaimana menurut Moms?