Menu

Bau Badan Bikin Beauty Minder? Mending Cobain Cara Ini Deh, Dijamin Wangi Seharian!

09 Februari 2023 09:25 WIB

Ilustrasi wanita dengan bau badan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Seperti yang kita tahu beauty, bau badan disebabkan oleh campuran bakteri dan keringat di kulit ketiak yang bikin kita jadi minder.

Biasanya bau badan atau bau ketiak terjadi karena faktor hormon, infeksi, obat-obatan atau kondisi mendasar seperti diabetes (kencing manis). Obat-obatan dengan resep dokter juga bisa jadi pemicu bau badan. 

Selain itu, bau badan juga disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya kebersihan yang buruk, cuaca panas dan lembap, berolahraga, atau mengonsumsi makanan tertentu seperti bawang dan bawang putih.

Tentu Beauty gak mau dong dijauhi lantaran bau tak sedap? Tenang, yang perlu kamu lakukan adalah rutin mandi dan memakai parfum.

Pemakaian parfum setelah mandi memang bisa membuat tubuh jadi harum serta suasana hati menjadi lebih baik. Namun, seringkali parfum yang kita pakai wanginya tidak tahan lama. Sehingga kita perlu menyemprot ulang setiap beberapa jam.

Eits, jangan langsung kecewa DULU, Beauty. Dilansir dari Boldsky, Kamis (9/2/2023), berikut 7 cara agar wangi parfum tahan lama. Yuk, simak!

1. Pastikan selalu menyimpan parfum di tempat yang tepat

Cara menaruh parfum merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dan keawetan wangi parfum. Tempatkan parfum di tempat yang gelap dan dingin agar kualitas tetap terjaga.

Sinar matahari dan temperatur yang panas dapat merusak struktur molekul pewangi yang bisa mengurangi aroma dan kualitasnya.

2. Pakai pelembap sebelum menggunakan parfum

Wangi parfum akan lebih awet, jika diaplikasikan pada kulit yang berminyak. Jadi, sebelum mengoleskan parfum pada kulit, sebaiknya oleskan pelembap terlebih dahulu.

Namun, pastikan kamu menggunakan pelembap tanpa ada campuran parfum di dalamnya, ya.

3. Aplikasikan parfum di area tubuh yang tepat

Awet atau tidaknya aroma parfum juga tergantung pada di bagian tubuh mana parfum diaplikasikan, Beauty. Jadi, salu aplikasikan parfum pada titik-titik nadi di tubuh karena dapat memastikan bahwa aromanya lebih kuat dan tahan lama.

Bagian-bagian tubuh tersebut di antaranya di belakang telinga, di pergelangan tangan, di belakang lutut, dan di bagian dalam siku.

4. Campur parfum dengan lotion

Jika menggunakan body lotion, kamu bisa mencampurkannya dengan parfum. Ini dilakukan agar memaksimalkan aroma parfum yang kamu pakai. Namun, pastikan bahwa lotion tak mengandung wewangian ya, Beauty.

Dan, waktu yang paling tepat memakai parfum adalah saat kita baru saja selesai mandi. Pada saat itu kulit tengah dalam kondisi bersih dan lembap dengan pori-pori terbuka. Kondisi tersebut dapat membuat aroma parfum bertahan lebih lama.

6. Jangan gosok pergelangan tangan

Setelah disemprotkan, pasti kita sering menggosok pergelangan tangan, bukan? Ternyata ini enggak benar, lho. Menggosok pergelangan tangan malah dapat menghilangkan aroma parfum dengan cepat.

7. Semprotkan parfum pada rambut

Menyemprotkan parfum pada rambut merupakan hal yang bisa membuat wangi parfum tahan lama. Namun, jika kamu menyemprotkannya secara langsung pada rambut, itu bisa menyebabkan kerusakan pada rambut, Beauty.