Menu

Wajib Hindari Makanan Ini Saat Hamil, Dapat Membahayakan Janin

22 Desember 2020 09:15 WIB

Ilustrasi wanita hamil mengonsumsi makanan (Getty Images/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Ketika sedang masa mengandung, tubuh wanita nggak hanya membutuhkan vitamin saja tetapi dirinya pun harus menjaga asupan makanan yang akan dikonsumsinya. Seperti salah satunya adalah untuk hindari mengkonsumi bahan makanan mentah atau setengah matang.

Mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang pada ibu hamil dapat membahayakan kesehatan dirinya dan juga janin. Hal itu karena di dalam makanan tersebut masih memiliki potensi mengandung bakteri jahat yang sangat berbahaya.

Melansir dari id.theasianparent.com (22/12/2020), ibu hamil akan mengalami penurunan kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, dirinya lebih rentan untuk keracunan makanan. Moms, berikut ini adalah daftar bahan makanan yang nggak boleh kamu konsumsi secara mentah ataupun setengah matang. Simak baik-baik ya informasinya. 

Kecambah 

Kecambah seperti kacang hijau dan tauge memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, namun jika dikonsumsi mentah atau setengah matang oleh ibu hamil hal itu dapat meningkatnya risiko bayi lahir prematur bahkan keguguran. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mencuci kecambah sampai bersih dan pastikan kamu memasaknya hingga matang ya moms. 

Telur 

Mengkonsumsi telur setengah matang rasanya memang nikmat sekali ya moms. Namun jika kamu sedang dalam kondisi mengandung buah hati, sebaiknya hindari dulu untuk mengkonsumsinya. Hal itu karena telur yang belum matang dengan sempurna dapat mengandung bakteri Salmonella yang bisa menyebabkan keracunan bagi ibu hamil.

Daging 

Sama sepeerti telur, daging yang belum matang dengan sempurna berpotensi mengandung bakteri Salmonella yang bisa menyebabkan keracunan pada ibu hamil. Sebelum mengkonsumsi daging pastikan kamu telah mengolahnya sampai benar-benar matang ya moms. 

Ikan 

Sashimi ataupun sushi dengan balutan salmon mentah memang memiliki rasa yang enak banget, namun kamu harus tahan dulu untuk nggak mengkonsumsi makanan tersebut ya moms. Pasalnya, ikan yang masih mentah dapat mengadung bakteri Listeria yang bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur, keguguran, dan stillbirth atau kematian bayi dalam kandungan. 

Nah, itu dia 4 bahan makanan yang tak boleh dikonsumsi secara mentah ataupun setengah matang oleh ibu hamil. Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi ya moms!