Menu

Cocok untuk Penderita Diabetes, Ini 3 Gula Alami untuk Makanan dan Minuman Agar Tubuh Tetap Sehat, Gak Cuma Stevia Lho Moms!

09 Februari 2023 15:45 WIB

llustrasi salah satu pemanis pengganti gula, stevia, untuk penderita kanker (Shutterstock/NIKCOA)

HerStory, Jakarta —

Hampir semua makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita mengandung gukla atau pemanis buatan lho Beauty. Tentu saja hal ini bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh dan sebaiknya kamu segera beralih ke pemanis alami agar tubuh menjadi lebih sehat.

Produk gula olahan tak mengandung nutrisi esensial seperti vitamin, mineral, protein, dan lemak.

Dengan mengganti bahan pemanis, kamu bisa mencegah obesitas, diabetes hingga kanker karena gula jika dikonsumsi berlebih akan berbahaya untuk jangka panjang.

Penasran gak sih apa saja pemanis alami yang bisa kamu gunakan? Simak yuk Beauty!

Madu

Mungkin kamu sangat familiar dengan pemanis yang satu ini karena memang inilah yang sangat mudah ditemukan.

Penamis alami yang dihasilkan oleh lebah ini mengandung vitamin B dan vitamin C yang bagus untuk imunitas dan potassium 132 mg yang bisa membantu mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

Sebuah riset menyebutkan jika mengkonsumsi madu secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida pada penderita penyakit diabetes dan tak akan memicu efek negatif untuk kesehatan tubuh jangka panjang.

Gula aren

Sebenarnya gak ada beda yang signifikan antara pemanis ini dengan gula pasir karena sama-sama mengandung kalori dan karbohidrat dengan jumlah yang sama.

Hanya saja, tingkat sukrosanya lebih rendah, yakni 70-79%, sedangkan sukrosa gula putih 99-100%.

Selain itu gula dari ekstrak kelapa ini juga mengandung nutrisi, seperti antioksidan, kalsium, kalium, dan zat besi.

Xylitol

Jenis gula ini memiliki rasa manis seperti gula pasir pada umumnya namun memiliki kadar kalori 40% lebih rendah daripada gula biasa.

Pemanis dari ekstrak kayu birch atau jagung ini juga mengandung fruktosa dalam jumlah lebih sedikit.

Maka dari itu xylitol sangat cocok untuk dijadikan alternatif bagi penderita diabetes agar masih tetap bisa menyantap makanan manis.