Menu

Turut Berbelasungkawa, Ini 9 Artis Korea yang Berdonasi untuk Korban Gempa Turki dan Suriah! Ada Idolamu?

10 Februari 2023 10:30 WIB

Shin Min Ah (Allkpop/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Baru-baru ini terjadi bencana gempa bumi di Suriah menyebabkan kerusakan yang parah. Kabarnya, gempa tersebut berkekuatan 7,8 skala richter dan menelan banyak sekali korban jiwa serta kerugian yang sangat besar.

Menunjukkan kepedulian bagi para warga yang tertimpa bencana, 9 artis Korea ini mengirimkan donasi untuk para korban gempa di Turki dan Suriah. Siapa saja sih para artis berhati mulia itu? Simak ulasannya yuk!

1. Shin Min -Ah

Hope Bridge National Disaster Relief Association mengumumkan bahwa Shin Minah menyumbangkan 50 juta won untuk membantu pemulihan Turki dan Suriah akibat gempa bumi. Hope Bridge berencana menggunakan donasi tersebut untuk membangun kembali daerah yang terkena dampak di Turki dan Suriah sesuai dengan keinginan Shin Minah.

Agensi Shin Minah juga mengatakan, "Shin Min-Ah memutuskan untuk berpartisipasi dengan harapan kerusakan tambahan tak akan terjadi, serta meminta dukungan untuk para korban yang kehilangan rumah karena gempa bumi."

2. Im Si-Wan

Donasi Im Si-Wan juga disumbangkan melalui Hope Bridge National Disaster Relief Association, sebuah lembaga sosial terpercaya di Korea Selatan. "Im Si-Wan berpartisipasi dalam donasi dengan harapan banyak orang akan bergabung dengannya dalam membantu para korban di kedua negara yang benar-benar hancur," tutur agensi Im Siwan, Plum A&C. Diketahui bahwa Im Si-Wan memberikan donasi sebesar 10 juta won.

3. Lee Hye-Ri

Mendengar berita gempa bumi yang merusak anak-anak di Turki dan Suriah, Lee Hye-Ri langsung menyatakan keinginannya untuk berdonasi ke Komite Korea untuk UNICEF sebesar 50 juta won. Dana tersebut akan digunakan sepenuhnya untuk proyek bantuan darurat seperti nutrisi, air minum, dan perlindungan bagi anak-anak yang terkena dampak gempa bumi di Turki dan Suriah.

Aktris Lee Hye-Ri, tergabung dalam kelompok pendukung besar Komite UNICEF Korea pada tahun 2019. Ia memenangkan 100 juta won dalam proyek dukungan pendidikan anak-anak Asia 'Schools for ASIA' pada tahun 2019 dan 5 di proyek sanitasi anak perempuan pada tahun 2021. Proyek ini terus mendukung anak-anak di seluruh dunia, seperti mendonasikan 10 juta won. 

4. Yoo In-Na

Asosiasi Bantuan Bencana Nasional Hope Bridge (Ketua Song Pil-ho) mengumumkan pada tanggal 9 bahwa aktris Yoo In-na menyumbangkan 30 juta won untuk membantu memulihkan kerusakan akibat gempa di Turki. Melalui Agensinya YG Entertainment, mengklarifikasi hal tersebut dengan mengatakan, "Yoo In-Na berpartisipasi dalam donasi dengan harapan dapat membantu kedua negara yang mengalami kerusakan besar akibat gempa besar dan ke korban." Uang yang disumbangkan akan digunakan untuk rekonstruksi di daerah yang terkena dampak di Turki dan Suriah.

5. Lee Yong-Jin

Menurut Palang Merah Korea pada tanggal 9, dipastikan bahwa Lee Yong-jin menyumbangkan 30 juta won sebagai dana bantuan darurat untuk mendukung korban gempa bumi di Turki dan Suriah. Memang namanya masih asing, namun ia telah muncul sebagai cameo dalam beberapa judul drama seperti 'Kkondae Intern', 'The Rich Son', 'Angry Mom', dan 'Reply 1994'

6. Jang Geun-Suk

Pada tanggal 9, agensi Jang Keun-suk Craft42 ENT mengatakan, "Jang Geun-suk menyumbangkan 100 juta won kepada Komite Korea untuk UNICEF." Saya menyampaikan maksud saya," jelasnya. Di tengah banyaknya korban jiwa akibat gempa bumi di Turki dan Suriah, Jang Geun-Suk menyampaikan rasa hangatnya kepada para korban lokal yang membutuhkan bantuan. Jang Geun-Suk berkata, "Saya mendengar bahwa rakyat Turki dan Suriah menderita akibat gempa. Saya harap mereka yang menderita akibat gempa dapat segera kembali ke kehidupan sehari-hari mereka, tolong bagikan."

7. Park Bo-Young

Asosiasi Bantuan Bencana Nasional Hope Bridge mengumumkan pada tanggal 9 bahwa aktor Park Bo-young telah mempercayakan 30 juta won untuk mengatasi kerusakan akibat gempa di Turki dan Suriah. Melalui agensinya BH Entertainment, Park Bo-young berkata, “Saya merasa sangat sedih melihat semuanya hancur akibat gempa. Saya berdoa semoga ini membantu mengatasi kerusakan, meski sedikit.”

Tak hanya karena bencana ini saja, diketahui bahwa Park Bo-Young berkontribusi pada penyebaran budaya berbagi dengan mendonasikan 20 juta won ke Hope Bridge selama hujan lebat pada tahun 2020, termasuk 50 juta won pada tahap awal kebakaran hutan Pantai Timur tahun lalu. Dia juga anggota dari Hope Bridge Honors Club, sekelompok donatur utama Hope Bridge.

8. Kim Go-Eun

Aktris Kim Go-Eun menyumbangkan 30 juta won untuk bantuan darurat gempa bumi di Turki dan Suriah. Pada tanggal 9, Good Neighbours, sebuah LSM yang berspesialisasi dalam hak-hak anak, mengumumkan berita donasi Kim Go-Eun dan mengatakan bahwa donasi tersebut akan digunakan untuk mengirimkan barang-barang bantuan seperti tenda dan pakaian kepada anak-anak dan penduduk di daerah yang terkena dampak.

9. Han Ji-Min

Menurut Komite Korea untuk UNICEF pada tanggal 9, Han Ji-min menyumbangkan 100 juta won dengan berpartisipasi dalam bantuan darurat untuk anak-anak yang terkena dampak gempa bumi di Turki dan Suriah. Han Ji-min berpesan bahwa dana ini akan digunakan sepenuhnya untuk proyek bantuan darurat seperti nutrisi, air dan sanitasi, pendidikan, dan perlindungan bagi anak-anak yang terkena dampak gempa bumi di Turki dan Suriah.

Itu adalah 9 artis Korea yang telah berdonasi untuk korban gempa bumi yang terjadi di Turki dan Suriah. Bukan tentang nominalnya ya, semoga kebaikan mereka terus menular ya!

Artikel Pilihan