Menu

Mulai Terapkan Sejak Kecil, Ini 3 Cara Efektif Agar Anak Terbiasa Gaya Hidup Sehat, Simak Moms!

10 Februari 2023 08:35 WIB

Ilustrasi anak sedang makan sayuran. (Freepik/pvproductions)

HerStory, Jakarta —

Pada tumbuh kembang anak perlu sekali dari para orang tua untuk menerapkan gaya hidup sehat sejak dini. Hal ini bisa membantu kesehatan anak tetap stabil dan tumbuh menjadi anak yang positif.

Namun hal tersebut tak lepas dari  peran orang tua yang harus terus membimbingnya, jangan cuma sekali atau dua kali untuk mengajarkan gaya hidup sehat.

Mungkin terdengar sulit ya moms untuk menerapkan ini pada anak, pasalnya kebanyakan anak-anak masih ada yang susah makan sayur bahkan lebih memilih untuk bermain gadget.

Nah, untuk itu ada 3 cara yang efektif untuk mendorong anak-anak dibiasakan memilih pilihan yang sehat, seperti dirangkum dari GenPI.co.

1. Beri contoh, bukan sekadar menyuruh

Orang tua dapat memberi perintah dan menyuruh anak untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Berbicara betapa pentingnya makan makanan bergizi dan berolahraga. Dalam cara ini biasakan juga dari para orang tua mulai mencontohkan hal tersebut agar anak bisa ikut melakukannya bersama.

2. Mencari momen yang tepat

Setiap orang tua tahu bahwa anak-anak akan mengabaikan ceramah yang panjang. Orang tua bisa memilih momen yang pas untuk mengajari anak.

Misalnya, saat membuat kue bersama anak, pilihlah saus apel sebagai pengganti minyak, lebih sedikit gula, dan menggunakan hanya putih telur. Contoh itu lebih sehat tanpa kehilangan rasa yang enak. Banyak pilihan sederhana yang menambah gaya hidup sehat.

3. Pahami kepribadian anak

Jika kamu memiliki anak yang gak suka diberi tahu apa yang harus dilakukan, seperti melarang anak makan makanan instan, justru anak bisa membangkang.

Jangan pernah lakukan hal itu. Bekerja samalah dengan kepribadian anak untuk menunjukkan kepada anak bahwa sehat itu mudah.

Tunjukkan kepada anak bagaimana membuat pilihan yang baik tentang pola makan dan olahraga dapat memberikan manfaat.