Menu

Ancaman Mengintai, Ketahui 5 Penyakit Akibat Diet Keto Ini Beauty, Bisa Mengancam Nyawa Lho!

10 Februari 2023 18:30 WIB

Ilustrasi diet keto. (Unsplash/Total Shape)

HerStory, Jakarta —

Beauty, diet keto merupakan salah satu jenis pola makan yang membatasi konsumsi karbohidrat. Perlu diketahui bahwa diet jenis ini hanya boleh dilakukan dalam waktu yang singkat.

Meski efektif untuk menurunkan berat badan, diet keto berisiko menyebabkan efek samping berbahaya bagi tubuh. Inilah yang membuat diet karbohidrat ini gak disarankan untuk dilakukan dalam waktu yang lama.

Kira-kira apa saja efek samping dari diet keto? Berikut HerStory rangkum informasi selengkapnya yang sudah dilansir dari laman Times of India, Jumat (10/2/2023).

1. Ada ancaman flu keto

Jika sedang menjalani diet keto, kamu biasanya akan merasa gak enak badan selama beberapa hari. Kondisi ini dinamakan sebagai flu keto, Beauty.

Adapun, gejala yang menyertai kondisi ini adalah sakit kepala, pusing, mual, hingg sulit tidur. Gejala ini biasanya muncul sehari atau di hari kedua setelah mulai program diet keto dan bisa berlangsung selama seminggu atau lebih.

2. Masalah pencernaan

Saat menerapkan diet keto, maka tubuh akan berada dalam fase ketosis yang mana karbohidrat digunakan sebagai sumber energi. Tubuh akan kaget dan cenderung mengalami masalah pencernaan karena perubahan mendadak ini.

Adapun gejala yang mungkin terjadi adalah diare yang disebabkan kurangnya serat dalam pola makan. Biasanya kondisi ini terjadi selama tiga hingga 4 minggu atau lebih.

3.  Ketoasidosis diabetik

Diet keto gak boleh dilakukan oleh penderita diabetes sebab berisiko menyebabkan ketoasidosis diabetik atau (DKA). Kondisi ini dapat mengancam nyawa sebab tubuh memiliki keton yang berlebih.

Keton merupakan zat asam yang diproduksi untuk membakar lemak dan akibatnya darah terlalu banyak mengandung asam. Kondisi ini dapat memengaruhi kesehatan ginjal, hati, hingga otak.

Adapun gejala yang muncul adalah sering buang air kecil, mual, mulut terasa kering, bau napas gak sedap, dan sulit bernapas.

4. Gangguan jantung

Diet keto berkaitan dengan kadar HDL yang mana berhubungan dengan risiko penyakit kardiovaskular. Meski bermanfaat untuk menurunkan karbohidrat dan lemak, nutrisi tersebut juga dibutuhkan oleh tubuh.

Jika kadarnya terlalu rendah maka akan memberikan dampak buruk pada kesehatan jantung. Diet tinggi lemak jenuh dan lemak trans akan menurunkan kadar LDL dan berisiko menyebabkan penyakit jantung.

5. Mengurangi kemampuan aktivitas fisik

Berdasarkan hasil studi pada 2018, orang yang diet keto cenderung memiliki kondisi fisik yang lemah. Akibatnya kemampuan melakukan aktivitas fisik menjadi rendah.

Nah, itu dia beberapa dampak negatif dari diet keto. Semoga bermanfaat, ya.

Share Artikel:

Oleh: Noorma Amalia Siregar