Menu

4 Cara Mudah untuk Mulai Diet Vegan, Anti Ribet dan Dijamin Sehat! Tertarik Coba?

14 Februari 2023 15:30 WIB

Ilustrasi diet. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Bagi beberapa orang memulai pola diet vegan adalah hal yang menantang. Meski sulit mengubah kebiasaan, bukan berarti kamu gak bisa untuk melakukannya, Beauty.

Apalagi jika kamu terbiasa untuk mengonsumsi daging, maka bisa jadi diet vegan menjadi salah satu tantangan besar yang harus kamu hadapi. Diet jenis ini melarang kamu untuk mengonsumsi makanan dengan bahan daging, termasuk prosuk susu dan telur. 

Adapun, tujuan dari diet vegan adalah untuk meningkatkan kesehatan dan juga bisa menurunkan berat badan, Beauty. Secara sederhana, semua makanan yang boleh kamu konsumsi harus terbuat dari produk nabati atau tumbuhan.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk konsisten dalam melaksanakan diet vegan? Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel yang sudah HerStory rangkum dari laman PinkVilla, Selasa (14/2/2023), berikut ini.

1. Ingat alasan mengapa kamu memulai diet ini

Beauty, ada kalanya kamu kehilangan motivasi untuk melanjutkan diet di tengah jalan. Ini adalah hal wajar, namun jangan langsung patah semangat dan melanggar diet, ya.

Jika kamu sedang berada di fase ini, coba ingat kembali alasan mengapa kamu memulai diet vegan sejak awal. Ada beberapa alasan yang mungkin mendorongmu seperti, untuk kesehatan, kesejahteraan hewan, hingga keberlangsungan bumi. 

2. Konsumsi makanan yang bervariasi

Menerapkan diet vegan bukan berarti kamu gak boleh mengonsumsi makanan yang bervariasi, Beauty. Ada banyak jenis makanan dengan bahan dasar tumbuhan yang nikmat dan beragam, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, nasi, susu almond, pasta vegan, dan lain sebagainya.

Selama kamu gak mengonsumsi makanan yang mengandung bahan hewani, maka itu aman untuk dikonsumsi, kok. Cobalah cari alternatif seperti sate jamur untuk mengobati rasa rindu dengan makanan daging.

3. Perhatikan makanan dengan kandungan zat besi dan vitamin B12

Makanan dengan bahan hewani, seperti daging, makanan laut, dan susu biasanya kaya akan zat besi dan vitamin B12. Inilah yang membuat orang dengan diet vegan cenderung kekurangan kandungan ini dalam tubuh.

Meski begitu, kamu bisa mendapatkannya dari suplemen, kok. Selain itu, pastikan kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi yang disertai dengan makanan tinggi vitamin C untuk melancarkan pencernaan, ya.

4. Hindari makanan olahan

Semakin ke sini banyak makanan vegan yang mudah ditemukan dalam bentuk kemasan. Namun, makanan seperti itu biasanya sudah melalui proses pengolahan yang mana ada zat aditif hingga kimia yang sudah ditambahkan ke dalamnya.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan yang dimasak sendiri, Beauty. Kamu bisa mendapatkan banyak bahan segar yang cocok untuk dimasak secara sederhana tanpa harus melalui proses panjang yang mengurangi nutrisi makanan tersebut.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat ingin memulai diet vegan. Semoga bermanfaat, ya.