Menu

Gak Perlu Treatment Mahal, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Imunitas Tubuh 'Tanpa Biaya', Lakuin Ini Aja!

16 Februari 2023 17:30 WIB

Ilustrasi sedang sakit. (Freepik/master1305)

HerStory, Jakarta —

Beauty, imunitas merupakan hal yang penting untuk tetap menjaga tubuh kuat dari serangan penyakit. Setiap orang memiliki tingkat imun yang berbeda, tergangung gaya hidup dan kondisi kesehatannya, Beauty.

Hal inilah yang membuat ada beberapa orang yang rentan terserang penyakit, ada pula yang kebal dalam menghadapinya. Meski begitu, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Bahkan, caranya sangat mudah dan dapat diterapkan sehari-hari, lho. Penasaran apa saja cara untuk meningkatkan imunitas tubuh? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah HerStory rangkum dari laman PinkVilla, Kamis (16/2/2023), berikut ini, Beauty.

1. Istirahat yang cukup

Beauty, imunitas tubuh membutuhkan waktu untuk pulih usai bekerja seharian. Salah satu cara pemulihannya adalah lewat istirahat atau tidur yang cukup.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk tidur mininal 8 jam agar tubuh memiliki waktu untuk pulih. Selain itu, memiliki jadwal tidur dan bangun yang sama setiap hari akan membuat tubuh semakin kuat dan segar untuk beraktivitas, lho.

2. Olahraga rutin

Olahraga juga merupakan aktivitas yang penting untuk menjaga kesehatan dan menangkal ancaman penyakit. Dengan berolahraga, kamu akan meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, Beauty.

Seiring dengan hal itu, maka kondisi imunitas tubuh juga semakin baik. Namun, pastikan untuk melakukan olahraga yang gak berlebih sebab saat tubuh kelelahan maka sistem imun juga bisa menurun, lho.

3. Makan yang sehat

Pola makan juga menjadi hal penting menyangkut imunitas tubuh. Oleh karena itu, makanan bernutrisi tinggi sangat dianjurkan untuk kamu konsumsi, Beauty.

Nutrisi yang ada dalam makanan akan diserap oleh tubuh dan meningkatkan kualitas organ, salah satunya sistem imun. Apalagi, kandungan baik dalam makanan sehat akan mengaktifkan sel imun dan meningkatkan kerja sistem pertahanan tubuh.

4. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Meminum air yang cukup juga gak boleh diabaikan, lho. Hidrasi tubuh yang baik akan menjaga kamu tetap sehat, mencegah penyakit, dan membersihkan tubuh dari sisa zat beracun.

Oleh karena itu, pastikan kamu tetap mengonsumsi air putih secukupnya tiap hari, ya. Dengan begitu, kemampuan tubuh dalam menangkal penyakit juga semakin baik, Beauty.

5. Hindari stres

Selain ancaman penyakit, ternyata stres juga dapat memengaruhi kemampuan sistem imun, lho. Ketahui hal-hal yang memicu stres bagimu sehingga kamu tahu bagaimana cara menanganinya, Beauty.

Perlu ditekankan bahwa tekanan fisik dan mental sama-sama bisa berdampak buruk bagi kondisi sistem imun. Sebaiknya lakukan pengelolaan stres yang baik untuk mencegah tubuh menjadi drop, ya.

Share Artikel:

Oleh: Noorma Amalia Siregar

Artikel Pilihan