Menu

Kata Siapa Kayak Orang Gila? Ini 3 Manfaat Bicara Sendiri di Cermin, Nomor 2 Bikin Kamu Ucap Syukur!

16 Februari 2023 21:40 WIB

Wanita yang percaya diri. (Freepik/ViDIstudio)

HerStory, Jakarta —

Mungkin beberapa orang ada yang sering merasa nyaman berbicara sendiri namun ada pula yang masa bodoh dengan pikirannya.

Padahal, berbicara sendiri terutama di depan cermin bisa membuat orang mengenali dirinya lebih jauh lho Beauty!

Biasanya kepribadian ini dihadapi oleh para introvert meskipun hingga kini belum ada penelitian yang valid mengenai kecenderungan ini.

Bagi kamu yang sering melakukan berbicara dengan diri sendiri di depan cermin mungkin juga merasakan beberapa manfaat positif dari kebiasaan tersebut. Berikut ini beberapa hal positif atau manfaat yang dapat diperoleh dari kebiasaan berbicara dengan diri sendiri di depan cermin.

1. Cara Introspeksi Diri Sendiri Paling Sederhana

Dalam beberapa kondisi ada kalanya kita tak bisa mengandalkan orang lain sebagai wadah berkeluh kesah tentang problematika atau permasalahan yang menghampiri. Hal ini terkadang dipengaruhi oleh beberapa kondisi seperti kita malu akan menceritakan permasalahan tersebut atau mungkin bisa saja kriteria orang yang bisa diajak mendengarkan keluh kesah kita sedikit kurang cocok. Nah, di sini lah kamu bisa menggunakan cara berbicara di depan cermin dengan dirimu sendiri.

Di momen ini kamu bisa lebih menyelami perihal berbagai kendala dan permasalahan yang kamu alami. Mengenali diri sendiri memang hanya bisa dilakukan oleh dirimu sendiri pula. Oleh karena itu, kamu dapat berbicara dengan pantulan bayanganmu di dalam cermin agar lebih mengetahui beragam kendala yang ada dirimu sembari memikirkan apa yang harus dilakukan kedepannya.

2. Cara Melatih Menerima Kekurangan Dalam Diri

Berbicara melalui bayangan diri sendiri di cermin ternyata juga dapat menjadi sarana latihan dalam menerima kekurangan dalam diri sendiri. Dengan kata lain, melalui car aini kamu dapat memberikan sugesti terhadap dirimu sendiri agar menerima segala nilai positif dan negatif yang ada dalam dirimu. Beberapa orang mungkin tak bisa menerima dirinya sendiri yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti ekspektasi yang terlalu tinggi atau pengaruh dari lingkungan sekitar.

Cobalah ketika berbicara di cermin sembari memperhatikan dirimu lebih seksama, mungkin pada awalnya kamu akan merasa aneh dan canggung. Namun, hal tersebut cukup berguna untuk meningkatkan rasa mencintai diri sendiri dan menerima segala bentuk kekurangan dan kelebihan dalam diri.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Mungkin hal ini yang paling lazim dilakukan oleh sebagian orang. Berbicara dengan bayangan diri sendiri di cermin dipercaya dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Hal ini cukup masuk akal terutama jika seseorang tersebut sedang atau akan menghadapi sebuah fase ujian atau tes dalam hidupnya. Meningkatkan rasa percaya diri dengan menyemangati bayangan yang dipantulkan di cermin juga seringpula dipakai oleh beberapa orang yang akan melakukan aktivitas harian di pagi hari.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kebiasaan seseorang yang suka berbicara dnegan diri sendiri di dalam cermin. Tentunya masing-masing orang akan mendapatkan aspek positif yang berbeda setelah melakukan hal tersebut. Pada intinya kebiasaan ini dipercaya sebagai sarana self-treatment dalam menyemangati diri sendiri agar dapat lebih maksimal dalam menjalani aktivitas harian. 

Artikel Pilihan