Menu

5 Tanda Kalau Anak Akan Jadi Orang Jenius! Si Kecil Salah Satunya?

26 Desember 2020 16:20 WIB

Ilustrasi anak sedang membaca buku. (Unsplash/Josh Applegate)

HerStory, Bandung —

Semua orang tua pasti senang mengetahui bahwa bayi mereka sangat pintar. Tetapi yang mungkin tidak Moms ketahui adalah bahwa ada tanda-tanda tertentu dari bayi yang cerdas. Tentu Moms harus mengetahui dan membantu si kecil untuk mengembangkan kecerdasannya sehingga si kecil mencapai potensi menjadi orang jenius nantinya!

Melansir dari Kidspot, triknya adalah dengan mengetahui apa saja tanda-tanda awal bayi yang cerdas ini, sehingga Moms dapat membuatnya lebih menonjol dan melihat si kecil yang bersinar.

Untuk itu, berikut adalah tanda-tanda utama bayi cerdas yang harus diperhatikan dan cara merawatnya.

1. Mencapai banyak hal lebih awal dari bayi lain yang seusia

Moms mungkin tahu bahwa mengukur perkembangan bayi adalah cara yang signifikan untuk mengetahui apakah si kecil lebih dulu berjalan, berbicara, atau pertumbuhan lainnya.

Namun, jika si kecil mencapainya jauh lebih awal daripada teman-temannya, ini bisa menjadi salah satu tanda bayi yang cerdas. Misalnya, si kecil yang berusia tiga bulan sudah duduk sendiri atau bayi yang berusia 10 bulan mengucapkan kalimat yang jelas dan sempurna.

Untuk melatihnya, baca dan bicaralah dengan bayi untuk lebih mengembangkan keterampilan komunikasi mereka. Beri mereka banyak dorongan dan pujian saat mereka "menunjukkan" apa yang bisa mereka lakukan!

2. Memiliki fokus yang sangat baik

Bayi dan anak kecil terkenal karena rentang perhatiannya yang pendek. Berikan atau ambil waktu 15 menit dan selanjutnya mereka akan mulai kehilangan fokus. Akan tetapi, salah satu tanda anak yang cerdas adalah mereka dapat fokus pada suatu tugas dalam waktu yang lama pada usia yang sangat dini, biasanya sebelum berusia enam bulan.

Misalnya, Moms mungkin melihat anak berusia lima bulan yang sangat cerdas sedang fokus bermain dengan balok kayu tanpa terganggu. Atau si kecil mungkin duduk dengan Moms saat Moms membaca seluruh buku, bahkan menunjuk gambar favoritnya atau membalik halaman.

Untuk melatihnya, terus dorong permainan dengan mainan seperti balok dan teka-teki. Coba berikan teka-teki dan bermain dengan objek berwarna-warni kepada si kecil untuk merangsang dan mendorong fokusnya. 

3. Suka memecahkan masalah

Jika si kecil menunjukkan tanda-tanda pada bayi yang cerdas, maka jangan berharap dia akan mudah menyerah! Bersama dengan fokus yang ekstrim, bayi seperti itu dikaruniai keterampilan memecahkan masalah yang luar biasa. Misalnya, jika Moms menyimpan camilan favoritnya di lemari, si kecil kemungkinan besar akan menemukan cara cerdas untuk mendapatkan camilan ini. 

Untuk mendorong kemampuan alami anak dalam memecahkan masalah, berikan "tantangan" yang mudah untuk mereka. Misalnya, Moms bisa membuat labirin mini dari bantal atau guling dan meletakkan mainan di tengahnya. Kemudian dukung bayi saat mereka melewati labirin ini untuk menemukan mainan.

4. Menikmati (bahkan lebih memilih) kesendirian

Kita tahu bahwa anak-anak adalah manusia kecil yang mudah bergaul dan sering kali jarang ingin ditinggalkan sendirian. Namun, salah satu ciri bayi yang cerdas adalah ia lebih suka menyendiri.

Moms akan melihat mereka dengan senang hati bermain sendiri. Atau mereka mungkin lebih suka ditemani anak-anak yang lebih tua daripada teman-teman sebayanya. 

Ingatlah untuk tidak mendorong si kecil bergabung dengan anak-anak lain, jika mereka tidak suka ini. Namun pada saat yang sama, Moms dapat mendorong si kecil untuk bermain bersama teman-temannya, agar pengembangan keterampilan sosial tidak terbengkalai.

5. Sangat ingin tahu

Ya, anak-anak bisa memiliki rasa ingin tahu yang kecil. Tetapi salah satu tanda bayi yang cerdas (sangat luar biasa) adalah bahwa pertanyaan mereka juga luar biasa. Pertanyaan mereka bisa sangat kompleks sehingga mereka bahkan bisa membuat Moms bingung. 

Banyaknya pertanyaan mungkin mengganggu. Tetapi cobalah untuk memberikan jawaban yang benar. Pada saat yang sama, berikan sumber daya kepada anak yang sangat ingin tahu dan sangat cerdas untuk menemukan jawaban mereka sendiri, seperti ensiklopedia junior atau keanggotaan perpustakaan. Bergabunglah dalam perjalanan belajar mereka juga. Seseorang tidak pernah terlalu tua untuk pengetahuan baru!