Menu

Miss V Hitam Bikin Minder? Cobain Deh Tips 5 Jitu Ini Agar Terlihat Cerah Alami Beauty!

17 Februari 2023 12:45 WIB

Ilustrasi organ reproduksi wanita. (Unsplash Jen Theodore)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tak sedikit wanita yang minder lantaran Miss V atau vaginanya terlihat gelap atau hitam. Padahal, Miss V hitam adalah kondisi normal yang tak perlu dikhawatirkan.

Sayangnya, beberapa wanita justru minder memiliki area intim yang cenderung gelap. Hal tersebut membuat beberapa wanita berupaya untuk mengatasi Miss V hitam agar terlihat lebih cerah, putih, dan bersih.

Namun, kini kamu tak perlu khawatir, Beauty, berikut HerStory rangkum beberapa langkah yang bisa membantu mencerahkan Miss V secara alami. Mau tahu?

1. Menjaga keseimbangan pH

Dilansir dari Bebodywise, cara pertama untuk mengatasi Miss V hitam yaitu dengan menjaga keseimbangan pH. Kadar pH normal Miss V berkisar antara 3,8-4,5.

Selain mencerahkan, keseimbangan pH juga menunjang kesehatan dan mencegah penuaan Miss V. Ada beberapa tips menjaga keseimbangan pH yang bisa dicoba.

Seperti menghindari penggunaan sabun atau douching Miss V, mengganti tampon atau pembalut secara teratur tanpa menunggu dipenuhi darah menstruasi, misalnya tiap 3 jam sekali.

Lalu, mengonsumsi makanan atau minuman mengandung probiotik, seperti yoghurt untuk menjaga keseimbangan pH.

2. Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit karena kaya akan asam asetat, sitrat, malat, asam amino, vitamin, enzim, dan garam mineral. Karena itu, cuka sari apel sering digunakan sebagai bahan alami untuk mencerahkan atau memutihkan Miss V.

Cuka sari apel juga membuat kulit lebih lembut dan kenyal. Dikutip dari Healthshots, untuk mengatasi Miss V hitam, cukup mencampur cuka sari apel dengan beberapa tetes minyak essensial.

Kemudian aplikasikan campuran tersebut ke area kulit Miss V menggunakan kapas, biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Lidah buaya dan mentimun

Lidah buaya adalah tanaman yang populer dimanfaatkan sebagai pencerah sekaligus pelembap alami untuk kulit.

Menurut Indian Journal of Dermatology, lidah buaya kaya akan vitamin A, C, E, B12 dan mineral.

Lidah buaya dapat dipadukan dengan mentimun untuk mencerahkan kulit Miss V, berikut caranya: Siapkan 2 sendok makan gel lidah buaya murni dan beberapa potong mentimun, lalu haluskan dengan blender atu mixer.

Oleskan masker paduan lidah buaya dan mentimun tersebut pada kulit Miss V yang telah dibersihkan, kemudian diamkan selama 15 menit.

Kelupas masker dari Miss V secara perlahan dengan gerakan memutar yang lembut. Cuci area Miss V dengan air bersuhu normal.

4. Gunakan pakaian dalam yang longgar

Pakaian ketat bisa membuat area kulit Miss V lecet. Kondisi ini lama kelamaan mengakibatkan hiperpigmentasi di Miss V, termasuk menyebabkan bibir Miss V atau labia menghitam.

Maka dari itu, gunakan pakaian longgar berbahan katun agar sirkulasi udara ke Miss V lancar. Hal ini mengurangi kelembaban di dalam dan area sekitar Miss V.

Pada akhirnya, kulit Miss V pun lebih sehat dan terhindar dari pertumbuhan jamur yang bisa memicu gatal, lecet, hingga Miss V menghitam.

5. Konsumsi makanan bergizi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan bergizi, terutama yang kaya akan vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit.

Makanan kaya vitamin C yang dapat dijajal untuk mencerahkan Miss V, antara lain adalah buah berry, brokoli, paprika, nanas, jeruk, hingga kol.

Selamat mencoba, yah.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan