Menu

Mengenal Sulam Karawo dari Gorontalo di IFW 2023

22 Februari 2023 20:20 WIB

Opening Indonesia Fashion Week 2023. (Dok. Istimewa/IFW 2023)

HerStory, Jakarta —

Desainer kondang Poppy Dharsono menerangkan bahwa Indonesia Fashion Week 2023 adalah perayaan IFW yang ke-10. Hal tersebut membuat IFW 2023 tampil lebih fresh dan kekinian. 

Meski begitu, identitas sebagai pekan mode yang mengedepankan kebudayaan Indonesia tetap dijunjung tinggi IFW dalam setiap penyelenggaraannya.

Poppy Dharsono juga menyebut di IFW 2023 ada 300 desainer yang ikut berpartisipasi dalam rangkaian fashion show yang diselenggarakan. 

Mulai dari 22 hingga 26 Februari 2023. Dalam sehari ada 3-4 fashion show, press conference, trunkshow, dan talkshow.

"Memang dari segi tenant, belum bisa 100 persen kembali seperti sebelum pandemi, tapi dengan antusiasme dan peningkatan jumlah desainer yang tinggi dari tahun sebelumnya, kami melihat adanya harapan yang besar dari industri untuk bangkit kembali," kata Poppy optimis.

Selain itu, lewat IFW 2023 ini APPMI berniat untuk lebih menyelaraskan pelaksanaan dan komunikasi kampanye IFW 2023, yaitu Sagara dari Timur.

"Melalui kampanye Sagara dari Timur, kami ingin mengusung tema produk unggulan Sulam Karawo dari Gorontalo. Mulai pelaksanaan perlombaan di daerah, maupun perlombangan Indonesia Young Fashion Designer Competition di Jakarta, IFW konsisten mengangkat tema Sulam Karawo," ungkap Poppy.

Sulam karawo adalah karya sulam unik yang dikembangkan, sehingga fungsinya tidak hanya untuk produk fesyen. Namun juga bisa dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai produk rumah tangga, seperti taplak dan sarung bantal.

Sehingga, para pelaku usaha di daerah dapat inspirasi dari para perancang muda untuk menumpahkan kreatifitas mereka dalam mengolah dan menciptakan produk fesyen menggunakan sulam karawo.

Tak ketinggalan, sesuai dengan anjuran pemerintah agar para UMKM dapat 'go digital', maka tahun ini IFW 2023 bekerjasama kembali dengan Tokopedia sebagai partner e-commerce. Perlu diketahui, IFW online akan berlangsung di Tokopedia mulai 27-31 Maret 2023.

Category Development Senior Lead Tokopedia, Vivi Kosidin menyampaikan bahwa sepanjang 2022, Tokopedia mencatatkan fashion masih menjadi salah satu kategori produk favorit masyarakat.

"Melihat animo yang tinggi tersebut, Tokopedia ingin melanjutkan upaya untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk fesyen lokal sekaligus memberikan penggung lebih luas kepada para perancang dan pelaku industri fesyen Tanah Air agar bisa merajai negeri sendiri, salah satunya dengan menjadi Official E-commerce dan Ticketing Partner Indonesia Fashion Week 2023," ungkap Vivi Kosidin.

"Lewat kolaborasi ini, kami berharap bisa turut mendorong pertumbuhan industri fesyen Indonesia sekaligus memajukan perekonomian nasional," tutup Vivi.

Artikel Pilihan