Menu

Jelang Ramadan 2023, Ini 4 Perilaku Konsumen yang Berubah di Bulan Suci: Produk Fesyen Jadi Primadona!

23 Februari 2023 20:25 WIB

Edwin Cahyadi selaku Vice President of Marketing Solutions Tokopedia (Noorma/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ramadan merupakan momen yang dinantikan oleh palaku bisnis sebab terdapat lonjakan minat belanja di bulan ini, Beauty. Berdasarkan hasil riset The Trade Desk, sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan 2023.

Sedangkan, berdasarkan laporan SEA sekitar 80% konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023. Jadi, tentu saja dengan data tersebut terlihat jelas bagaimana antusias calon pembeli menyambut bulan Ramadan.

Sebagai marketplace, Tokopedia juga mendapatkan hasil positif dari fenomena ini, Beauty. Edwin Cahyadi, selaku Vice President of Marketing Solutions Tokopedia menjelaskan bahwa ada peningkatan pembelian signifikan di Tokopedia jelang Ramadan ini.

“Terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50 peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77%,” ungkap Edwin, saat offline media briefing di Bale Nusa Resto, Jakarta, Kamis (23/2/2023). 

Untuk lebih detailnya, yuk cari tahu gimana perilaku belanja konsumen menjelang Ramadan ini, Beauty.

1. Mulai cari produk sebelum Ramadan tiba

Riset Tokopedia tentang tren Ramadan 2022 menunjukkan masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya.

Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan, atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

2. Ada kategori tertentu yang ramai pembeli

Fesyen, Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, serta Smartphone dan Tablet menjadi beberapa kategori yang paling banyak dicari masyarakat sepanjang Ramadan 2022.

Beberapa kategori produk dengan jumlah transaksi tertinggi, antara lain Fesyen, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Otomotif dan Aksesoris, serta Rumah Tangga. Subkategori yang juga mengalami lonjakan permintaan, meliputi Hampers dan Dekorasi, Bumbu dan Peralatan Masak, Gaming, Perlengkapan Travel dan Kecantikan.

3. Metode pembayaran cashless banyak diminati

“Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit dan GoPayLater Cicil. Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir,” ungkap Edwin.

4. Jenis pengiriman jadi pertimbangan

Beauty, ternyata banyak konsumen yang ingin mendapatkan barang secara cepat bahkan di hari yang sama.

Oleh karena itu, Tokopedia menyediakan beragam pilihan pengiriman, seperti instant, same day, next day, kurir toko, reguler, ekonomi dan kargo–untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen.