Menu

Kisah Inspiratif 3 UMKM Usung Konsep Bisnis Berkelanjutan: Gak Melulu soal Cuan, tapi Komit Selamatkan Bumi Lewat Produk Ramah Lingkungan

24 Februari 2023 14:47 WIB

Produk Kunang Jewelry. (Tokopedia/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu pernah mendengar konsep bisnis hijau? Ya, konsep bisnis hijau menjadi populer dalam beberapa tahun ini. Disebut juga dengan bisnis berkelanjutan, konsep ini melakukan bisnis dengan pendekatan yang lebih ramah lingkungan. Mulai dari menghemat energi, meminimalisir pencemaran, dan berusaha melakukan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di dalam kegiatan bisnisnya. 

Nah ternyata, konsep bisnis berkelanjutan ini diadopsi juga oleh salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia, yakni Tokopedia. Dengan meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan, konsep bisnis seperti ini dinilai 'cerdas' untuk mengedukasi konsumen. 

Maisyalina Agustiana, selaku Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, mengungkapkan bahwa Tokopedia sebagai bagian dari Grup GoTo terus berupaya menciptakan ekosistem bisnis berkelanjutan ramah lingkungan, salah satunya adalah melalui gerakan 'Tokopedia Hijau' yang digalakkan untuk mendukung 'Misi Nol Sampah GoTo 2030'. 

Adapun, melalui gerakan ‘Tokopedia Hijau’, ini Tokopedia bekerja sama dengan mitra strategis dan masyarakat untuk berperan aktif mendukung kelestarian lingkungan hidup.

“Tokopedia Hijau merupakan upaya Tokopedia dalam memberikan dampak positif bagi lingkungan dan mengajak penjual dan pembeli melakukan kebiasaan kecil seperti menggunakan produk secara berulang, atau menggunakan kemasan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Maisyalina, dalam keterangan resminya kepada HerStory, Jumat (24/2/2023).

Lewat gerakan Tokopedia Hijau ini, kata Maisyalina, Tokopedia mengajak para penjual menerapkan prinsip ramah lingkungan. Misalnya, dengan menggunakan kemasan yang lebih ramah lingkungan, seperti paper wrap, kertas cacah, serat nanas dan alternatif lainnya. 

“Sehingga, masyarakat yang berbelanja lewat toko Seller Hijau maupun halaman produk Tokopedia Hijau dapat ikut mengurangi sampah," imbuh Maisyalina.

Maisyalina kemudian memaparkan bahwa potensi bisnis ramah lingkungan di Indonesia ini masih sangat besar. Data Tokopedia selama Januari 2023 mencatat, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Denpasar, Kota Semarang, dan Kab. Sleman sebagai wilayah dengan jumlah pencarian produk ramah lingkungan paling banyak.

“Sementara itu, penjualan produk daur ulang di tahun 2022 meningkat sebesar hampir 1,5 kali lipat dibandingkan tahun 2021 di Tokopedia," ujar Maisyalina.

Lebih lanjut, Maisyalina pun menuturkan bahwa setidaknya ada sekitar 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% di antaranya adalah UMKM. Adapun, UMKM yang memanfaatkan Tokopedia untuk menjalankan bisnis produk ramah lingkungan adalah Daridiri, Pijak Bumi, dan Kunang Jewelry.

"Daridiri, Pijak Bumi dan Kunang Jewelry merupakan beberapa contoh pelaku usaha lokal yang telah memanfaatkan Tokopedia untuk menjalankan bisnis produk ramah lingkungan ini," beber Maisyalina.

Ke depannya, Maisyalina pun berharap, gerakan Tokopedia Hijau ini bisa menjalin lebih banyak kemitraan dan sebagai pengingat untuk menciptakan kebiasaan berbelanja dan konsumsi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

"Harapannya agar menjadi pengingat untuk terus semangat memperbaiki kualitas lingkungan hidup dalam jangka panjang," sambung Maisyalina.

For your information Beauty, Daridiri adalah usaha sosial yang menyediakan produk kebutuhan diri/produk kebutuhan pribadi yang berkelanjutan. 

Pemilik Bisnis Daridiri, Betry Agrisa, mengatakan, melalui filosofi namanya, Daridiri sendiri ingin menyampaikan pesan bahwa menjaga bumi/lingkungan dapat dimulai dari diri kita sendiri sebagai individu dengan mengubah kebutuhan perawatan diri dari produk sekali pakai menjadi produk yang dapat digunakan kembali, seperti pembalut kain, kapas kain, sapu tangan dan masih banyak lagi, yang secara efektif dapat mengurangi limbah.

"Produk Daridiri ini dijahit oleh ibu-ibu desa di daerah Cimande, Kab. Bogor. Misi lain dari Daridiri adalah memberdayakan lebih banyak perempuan desa dengan memberikan mereka kesempatan kerja menjahit produk-produk ramah lingkungan,” tutur Betry.

Betry pun mengungkap, Daridiri punya misi untuk bisa menjadi produsen produk ramah lingkungan dengan harga yang terjangkau untuk membantu memenuhi kebutuhan gaya hidup ramah lingkungan bagi semua orang. 

“Sejak bergabung dengan platform online seperti Tokopedia, kami juga dapat menjangkau pembeli dari berbagai wilayah di Indonesia," terang Betry.

Selain itu, UMKM yang menerapkan prinsip ramah lingkungan ini adalah Pijak Bumi yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Pijak Bumi merupakan merek sepatu yang menggunakan bahan alami, daur ulang, dan dapat didaur ulang. 

Menurut Product Designer Pijak Bumi, Wenseslaus Guantana, setiap produk Pijak Bumi yang telah dibeli dapat diperbaiki ulang atau jika kondisi sangat rusak dapat didaur ulang menjadi kain, dan bisa diproduksi kembali menjadi sepatu.

“Pijak Bumi juga memiliki misi untuk mengurangi sampah, dengan mengurangi plastik sekali pakai dan menggunakan cassava bag sebagai packaging. Karenanya, kami berharap dengan penggunaan bahan baku yang lebih ramah lingkungan ini, dapat menjadi langkah kecil masyarakat sebagai wujud peduli lingkungan," papar Wenseslaus.

Terakhir, penjual Tokopedia yang juga mengusung konsep keberlanjutan dalam bisnisnya adalah Kunang Jewelry yang berlokasi di Gianyar, Bali. Adapun, Kunang Jewelry ini bergerak di bidang perhiasan yang menjalankan bisnis yang lebih ramah lingkungan dengan memanfaatkan sampah logam.

Pemilik Bisnis Kunang Jewelry, Dian Suri Handayani, mengungkapkan, Kunang Jewelry memanfaatkan sampah logam yang berasal dari kabel, roll mesin, hingga pipa logam yang berpotensi dijadikan perhiasan. 

"Dalam menjalankan bisnis berkelanjutan ini, kami bekerja sama dengan tiga tempat pembuangan sampah di Denpasar. Kami juga memanfaatkan bambu sebagai bahan dasar pengemasan yang kokoh dan flexible sehingga tak memerlukan bubble wrap,” ujar Dian.

Nah Beauty, semoga 'gebrakan' Tokopedia dan UMKM di atas menginspirasimu untuk menjalankan hidup yang sustainable, ya!

Artikel Pilihan