Menu

Biar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar, Ini 3 Asupan Makanan yang Wajib Diperhatikan Setiap Hari ala Dokter Farhan Zubedi, Yuk Terapkan!

24 Februari 2023 19:27 WIB

Dr Farhan Zubedi, dalam Voice of Youth: Conscious Consumtion, Let’s Start The Journey. (Ummu Hani/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, makanan merupakan penunjang utama dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh. Namun, asupan yang salah bisa berpotensi membuat tubuh diserang berbagai penyakit. 

Dokter sekaligus kreator konten seputar kesehatan, dr. Farhan Zubedi, pun memberikan tips agar tubuh tetap sehat dengan memperhatikan 3 asupan makanan (food intake). Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini, Beauty!

1. Kalori

dr. Farhan menegaskan, supaya kebugaran dan kesehatan tubuh tetap stabil, penting untuk menghitung kalori makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap dua sampai tiga hari sekali. 

“Caranya menghitungnya bisa cari di Google, Total Daily Energy Expenditure (TDEE). Perlu diketahui, setiap orang beda kebutuhan kalorinya, tergantung aktivitas, jenis kelamin, berat badan, dan tinggi badan. Nah jangan sampai kelebihan kalori menyebabkan overweight. Kelebihan berat badan bisa mendatangkan banyak penyakit, seperti kolestrol, diabetes, dan sebagainya,” tutur dr Farhan, saat aacara Voice of Youth: Conscious Consumtion, Let’s Start The Journey, di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat (24/2/2023).

2. Gula

Food intake yang wajib diperhatikan selanjutnya, menurut dr. Farhan adalah gula. Menurutnya, penting untuk mengecek komposisi gula dari sebuah produk minuman guna menghindari diabetes. 

“Per hari itu kalau bisa (konsumsi gula) jangan lebih dari 24 gram untuk wanita. Sementara bagi laki-laki jangan lebih dari 36 gram. Jadi, cek label nutrisi di belakang produk makanan atau makanan yang dibeli. Baiknya, hindari gula lebih dari kadar itu,” ungkapnya. 

3. Garam

Asupan makanan terakhir paling utama untuk diperhatikan adalah garam. dr. Farhan menegaskan, konsumsi garam tak boleh kurang dan dilarang untuk berlebihan. 

“Garam itu larinya ke ginjal. Kalau garam terlalu banyak di tubuh akan menahan air, jadi air bisa kerjanya lebih cepat dan menjadi gangguan ginjal. Garam itu sehari maksimal (konsumsi) hanya boleh satu sendok makan,” tegas dr Farhan. 

Nah, semoga informasinya bermanfaat, ya Beauty!