Menu

Anak Sering Bersikap Tak Sopan? Ini Penyebabnya, Orang Tua Jadi Salah Satunya

30 Desember 2020 10:25 WIB

ilustrasi toxic parent (pinterest/edited by herstory)

HerStory, Bogor —

Seperti diketahui, masa anak-anak adalah tempatnya untuk belajar, jadi adalah hal yang wajar saat ia melakukan kesalahan. Namun, bagaimana ya moms, apabila si kecil berperilaku tak sopan dengan sekitarnya? Apakah itu termasuk hal yang wajar juga? Ketika anak berperilaku seperti itu, sebaiknya jangan dibiarkan ya, karena tentu saja itu bukanlah hal yang baik. 

Ketika anak berperilaku tak sopan, tak jarang kita sebagai orang tua menjadi malu atas sikapnya, seakan kita tak mampu untuk mengajarkan hal baik pada dirinya. Namun, alih-alih langsung memarahi si kecil, ada baiknya untuk kita mencari tahu terlebih dahulu penyebab ia berperilaku seperti itu. 

Melansir dari berbagai sumber (30/12/2020), berikut ini adalah penyebab si kecil berperilaku tak sopan dengan sekitarnya. Simak informasinya baik-baik ya moms! 

Orang tua terlalu toleran 

Moms, agar si kecil dapat bersikap baik dan sopan terhadap orang di sekitarnya, ada baiknya untuk tak terlalu memanjakan atau memaklumi perbuatannya ya. Pada masa anak-anak tentu melakukan kesalahan adalah hal yang wajar, namun hal itu jangan dibiarkan begitu saja ya, terlebih bila anak berbuat kasar atau berperilaku tak sopan. Tegur mereka saat berbuat salah dan beri tahu bagaimana yang seharusnya mereka lakukan. Ingat, anak-anak adalah pembelajar yang cepat lho moms! 

Kurangnya interaski antara anak dan orang tua 

Segudang aktivitas pekerjaan pastinya akan membuat orang tua lelah, sehingga keinginan untuk beristirahat pun lebih tinggi. Namun, alangkah baiknya untuk tetap sempatkan berkumpul dengan anak-anak ya moms, jangan biarkan si kecil lebih banyak menghabiskan waktunya sendiri terlebih lagi untuk bermain gadget. Selain dapat mengganggu kesehatan, terlalu banyak bermain gadget juga dapat mempengaruhi perilaku anak lho. Anak-anak akan merasa lebih dewasa dan mandiri, sehingga mereka beranggapan bisa melakukan berbagai hal dengan sesuka hati. 

Kurang bersosialisasi dengan lingkungan 

Tak bisa dipungkiri, keluarga adalah lingkungan pertama dan yang paling berpengaruh untuk membentuk perilaku anak. Namun perlu diingat, bahwa anak-anak juga membutuhkan lingkungan yang lebih beragam lho moms! Ajak si kecil untuk bersosialisasi dengan orang tua lainnya selain kamu, misalnya seperti dengan kakek dan nenek, hal itu akan membantu mereka untuk memahami bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan orang tua. Selain itu, untuk mengajarkan anak menghargai perbedaan, kamu juga bisa lho mengajak ia bermain dengan teman-teman sebayanya. 

Tidak mampu mengelola emosi 

Anak-anak memang belum mengetahui banyak hal, salah satunya adalah dalam mengelola emosi. Oleh sebab itu, ada baiknya agar orang tua mulai mengajarkan pada anak untuk dapat mengendalikan emosinya semenjak dini, hal itu untuk meghindari si kecil berbuat tak sopan dengan sekitarnya. Kamu bisa melatihnya dengan mengajarkan atur pernafasan saat emosi dan juga menyingkir sejenak untuk menenangkan pikiran. 

Nah, itu dia 4 alasan yang dapat menyebabkan anak berperilaku tak sopan. Hindari hal tersebut dan ajarkan si kecil untuk berperilaku baik semenjak dini ya moms!