Menu

Menu Sarapan Sehat dan Enak ala Puck, Dijamin Bikin Anak Ketagihan! Mau Coba Bikin Moms?

28 Februari 2023 19:33 WIB

Acara Puck Press Launch, di Rumah Wijaya, Jakarta, Selasa (28/2/2023). (Nailul Iffah/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, sarapan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan sebelum memulai aktivitas agar tubuh tidak lemas. Hayoo, siapa yang pernah melewatkan sarapan?

Jika kita melewatkan sarapan, maka tubuh akan kehilangan konsentrasi, daya ingat dan mudah lelah. Sehingga, kita diwajibkan untuk sarapan sehat setiap harinya.

Sarapan sehat adalah sarapan yang memiliki keseimbangan gizi. Tak hanya karbohidrat saja, tapi biasakan dalam seporsi sarapan terdapat protein, gizi dan lemak baik.

Dalam rangka Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2023, Arla Foods Indonesia memperkenalkan Puck Keju Oles, pendamping sarapan bernutrisi di acara press launch.

Mengusung tema ‘Biasakan Sarapan Sejak Usia Dini Guna Mewujudkan Generasi Sehat dan Cerdas’ Puck ingin berkontribusi dalam mengkampanyekan pentingnya membangun kebiasaan makan yang baik dimulai dari sarapan. 

Kebanyakan orang Indonesia belum menyadari pentingnya sarapan di pagi hari. Sebagian lagi hanya sekedar mengisi perut di pagi hari tanpa mengindahkan kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsinya.

Data dari Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI tahun 2020 menunjukkan dari 25.000 anak usia 6-12 tahun di 34 provinsi, terdapat 47,7 persen anak belum memenuhi kebutuhan energi minimal saat sarapan.

Bahkan, 66,8 persen anak sarapan dengan kualitas gizi rendah atau belum terpenuhi kebutuhan gizi terutama asupan vitamin dan mineral.

Sarapan merupakan bagian tak terpisahkan dari kebiasaan makan yang baik, Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Juwalita Surapsari M.Gizi, Sp. GK mengatakan hal itu perlu dibangun sejak dini.

“Dalam menyiapkan makanan yang akan dikonsumsi saat sarapan, penting untuk membiasakan sarapan bernutrisi tapi tetap enak dan menggugah selera makan anak. Dengan begitu, saat tumbuh besar, anak-anak akan terbiasa untuk makan makanan yang sehat," jelas dr Juwalita, saat Puck Press Launch, di Rumah Wijaya, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Lalu, apa yang dimaksud dengan menu makanan bernutrusi lengkap?

Menu makanan bernutrisi lengkap terdiri dari karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak, serta sayur dan buah. Karenanya, penting bagi orang tua memperkaya ide untuk membuat sarapan bergizi, namun tak memerlukan waktu lama menyiapkannya.

Tentunya, menu yang simple tapi kaya gizi dan bisa dinikmati oleh anak. Contohnya adalah roti isi telur keju yang dibuat dari roti tawar diolesi keju, dilengkapi dengan scramble egg serta potongan sayuran seperti tomat ataupun selada. 

Mudah bukan Moms sarapan sehat ala Puck, tertarik membuatnya untuk besok?

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah