Menu

Segala Cara Sudah Dicoba untuk Hilangkan Perut Buncit? Jangan Nyerah! Simak Cara Cepat Hempas Timbunan Lemak Ini Yuk!

01 Maret 2023 17:35 WIB

Ilustrasi lemak perut buncit yang membandel. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tentu saja perut buncit menjadi masalah untuk beberapa orang karena selain menurunkan tingkar kepercayaan diri, perut buncit juga bisa menyebabkan masalah yang serius pada kesehatan lho!

Meski ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurutkan berat badan, seperti dengan melakukan olahraga, diet, hingga mengonsumsi obat khusus, kadang masih banyak pula yang sulit untuk mengecilkan perut.

Dikutip dari video di channel YouTube Bisikan.com pada Rabu (1/3/2023), dr Zaidul Akbar memiliki cara yang sehat untuk menghilangkan perut buncit sekaligus menurunkan berat badan.

Sebelum mengungkapkan caranya, dr Zaidul Akbara akan terlebih dahulu membahas terkait penyebab perut buncit.

Tak hanya itu, dr Zaidul Akbar juga menjelaskan secara singkat terkait cara kerja metabolisme dalam tubuh.

"Gini lo temen-temen, perut buncit itu kan sebenarnya muncul karena banyaknya lemak yang menumpuk, nah, masalahnya kita sekarang tu nggak ngerti, metabolisme glukosa tu kayak apa," ucap dr Zaidul Akbar.

"Glukosa, kalau dimakan, kalau nggak kepake jadi glikogen, glikogen kalau nggak dipake jadi lemak," tambahnya.

Dokter Zaidul Akbar kembali menekankan bahwa glukosa berlebih dalam tubuh yang tak diproses akan menumpuk menjadi lemak hingga menyebabkan perut menjadi buncit.

"Jadi nasi itu glukosa, tepung itu glukosa, gula pasir itu glukosa. Kondisi badan kita sekarang sudah penuh dengan glukosa yang sudah jadi lemak," ungkap dr Zaidul Akbar.

Dokter Zaidul Akbar juga menyebutkan bahwa salah satu efek negatif dari perut buncit yakni dapat mempengaruhi keperkasaan seorang pria.

"Kalau laki-laki itu numpuknya di perut, dan itu imbasnya sampai ke keperkasaan," kata dr Zaidul Akbar.

Selanjutnya, dr Zaidul Akbar membagikan salah satu cara mengatasi perut buncit yakni dengan menerapkan 7 Days Chalenge JSR (Jurus Sehat Rosulullah).

JSR merupakan program pola makan sehat selama tujuh hari dengan cara menghentikan konsumsi nasi putih, makanan berbasis tepung, gula pasir, dan makanan goreng.

"Jadi itu kita membiasakan untuk dalam seminggu itu, emang nggak ada tadi, yang empat itu, jadi memang betul-betul mengkondisikan kita kayak singa lapar, kalau kondisinya sudah singa lapar, maka lama-lama lemak tadi rontok dengan sendirinya," jelas dr Zaidul Akbar.

"Jadi kalau kita mengenal konsep begini, nggak perlu pola-pola diet, kurangi aja yang tadi, karbo-karbonya tadi, nanti turun, cepet banget turunnya," tambahnya.

Dokter Zaidul Akbar juga menganjurkan agar lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur.

"Jadi kurang empat hal itu tadi dan tiga per-empat isi piring Anda, kalau mau secara sederhana isi adalah buah dan sayur," kata dr Zaidul Akbar.

"Creating habit dan itu tetep akan nyaman dan jangan jadi beban, nanti lama-lama karena tidak ada lemak yang masuk, apalagi kita membiasakan untuk lapar, maka otomatis lemak yang ada badan dan di perutnya tadi akan dipecah sama badan," sambungnya.

Selain menjaga pola makan, dr Zaidul Akbar juga menyebutkan beberapa cara lain mengatasi perut buncit yakni dengan berpuasa.

"Cara paling gampang lainnya ya puasa, puasa Senin-Kamis, puasa Daud, atau kalau memang lagi gak mau puasa, kalau bukan hari puasa ya tadi, melaparkan diri, jadi proses autofaginya jalan," pungkasnya.