Menu

Persiapkan Dana Masa Depan, Yuk Rancang Tujuan Keuangan dengan Cara Ini Beauty, Biar Gak Nyesel di Kemudian Hari!

02 Maret 2023 20:00 WIB

Ilustrasi mengatur keuangan. (Unsplash/Sharon McCutcheon)

HerStory, Jakarta —

Tujuan keuangan merupakan rancangan finansial yang harus dibuat sejak awal agar nantinya kamu gak kewalahan dalam mengatur uang, Beauty.

Tentunya, tanpa adanya tujuan keuangan yang jelas maka bisa saja kamu berhadapan dengan situasi yang gak menguntungkan dari segi finansial.

Membahan terkait hal ini, Greget Kalla Buana, selaku Perencana Keuangan Syariah menjelaskan bahwa setiap orang memiliki rancangan keuangan yang berbeda sesuai dengan tujuannya masing-masing. Meski begitu, ada hal yang harus dilakukan terlebih dahulu, yaitu melakukan pemeriksaan keuangan.

“Urutan kita buat rencana keuangan pertama harus financial check up. Cari tahu pemasukan dan pengeluaran berapa,” terangnya dalam talkshow peluncuran Permata RDN Syariah, di Jakarta Selatan, Kamis (2/3/2023).

Kemudian ia menjelaskan bahwa ada tiga tujuan keuangan yang harus ditetapkan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengalokasikan dana sesuai dengan rancangan, Beauty.

1. Tujuan jangka pendek

Tujuan keuangan jangka pendek merupakan tujuan yang ingin dicapai dalam waktu maksimal 5 tahun. Namun, pastikan urgensi dari tujuan ini sebab jika ada dana dadakan dalam waktu yang sama tapi gak ada dana yang bisa dialokasikan maka akan merepotkan kondisi finansialmu, Beauty.

Jadi tentukan juga prioritas jangka pendek apa saja yang membutuhkan dana lebih dan mana yang enggak. Adapun, contoh dari tujuan jangka pendek adalah cicilan yang sudah jelas waktunya agar kamu gak melewati jatuh tempo.

2. Jangka menengah

Selanjutnya, ada tujuan keuangan jangka menengah yang mana pemenuhannya selama 5 sampai 10 tahun. Cobalah untuk menetapkan apa yang kemungkinan akan kamu butuhkan di 10 tahun mendatang.

Dengan begitu, kamu juga bisa menetapkan dana yang sesuai dengan kebutuhan ini. Alokasi dana yang tepat sesuai tujuan akan membantu kamu untuk memilah keuangan, mana yang diperlukan dalam jangka pendek ataupun 10 tahun mendatang.

3. Jangka panjang

Terakhir ada tujuan keuangan jangka panjang yang membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun. Dana di masa depan ini bisa bertujuan untuk biaya pendidikan anak ataupun masa tua.

Di era yang semakin maju ini, banyak orang yang semakin sadar tentang pentingnya alokasi dana di masa depan. Dengan begitu, kamu gak akan kewalahan dan masa depan, misal biaya sekolah anak, pasti sudah tercukupi.

Greget menjelaskan bahwa rancangan tujuan keuangan ini berguna untuk menentukan jenis investasi apa yang cocok untuk kamu lakukan. Ia mengatakan bahwa menabung saja kurang ideal khususnya untuk pemenuhan tujuan keuangan jangka panjang.

“Tentukan tujuan untuk mengetahui investasi apa yang mau dipakai,” terangnya.

Setelah itu, pilihlah produk investasi apa yang sesuai dengan kondisi keuangan dan tujuan kamu, Beauty. Ada berbagai jenis investasi mulai dari investasi emas, saham, hingga bursa.

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi rutin untuk mengetahui perkembangan investasi dan evaluasi apa yang perlu kamu lakukan. Jika perkembangannya kurang baik, maka itulah saatnya untuk melakukan revisi keuangan untuk tetap mendapatkan keuntungan finansial.

“Setelah tahu produk investasi apa turunkan ke aksi. Setelah itu evaluasi dan revisi,” tandasnya.