Menu

Bisa Picu Gangguan Tidur dan Bikin Badan Sakit, 4 Makanan Ini Wajib Dihindari saat Malam Hari, Simak Ya Beauty!

03 Maret 2023 12:05 WIB

Tidur (Unsplash/Vladislav Muslakov)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tubuh kita memiliki ritmenya sendiri dalam mencerna makanan. Sebab itu, apapun asupan yang masuk ke dalam tubuh, terutama saat malam hari bisa berdampak pada masalah tidur atau berat badan.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga pola makan agar tak berdampak buruk bagi kesehatan keesokan harinya.

Nah Beauty, beberapa jenis makanan ini direkomendasikan untuk dihindari agar tak mengganggu kualitas dan waktu tidur kita. 

Apa saja sih? Yuk simak pembahasannya berikut ini. 

1. Pasta

Mengutip The Healthy Journal, Jumat (3/3/2023), bebas gluten atau enggak, pasta memiliki kandungan tinggi kalori dan karbohidrat. Jadi, jika Moms memakannya di malam hari, berpotensi menambah berat badan. 

Meski tak mengganggu kualitas tidur, baiknya kurangi konsumsi karbohidrat di malam hari agar tubuh dapat istirahat dengan baik. 

2. Cokelat

Makanan penutup ini memiliki rasa yang manis karena mengandung gula serta kafein sehingga bisa meningkatkan suasana hati. Namun, kedua kandungan tersrbur juga akan meningkatkan energi dan kadar kortisol. 

Dengan demikian, kualitas tidur akan terganfgu karena tubuh berenergi di malam hari. Akibatnya, pada pagi hari tubuh berpotensi terasa lelah. 

3. Daging Merah

Moms, memang tepat kalau lapar malam hari lebih baik konsumsi buah atau sayuran sebelum 3 jam waktu tidur. Sebab, jika kita makan makanan yang berat seperti daging, tubuh lebih lama dalam memproses makanan. 

Daging merah mengganggu proses pencernaan yang sebenarnya meningkatkan risiko sembelit, ketidakseimbangan hormon, dan insomnia.

4. Jus Jeruk

Ada satu jenis buahan yang baiknya tak dikonsumsi pada malam hari. Buah tersebut adalah jeruk yang diolah menjadi jus. 

Jus jeruk memperburuk rasa sakit pada bagian perutdi dan juga berkontribusi pada sering buang air kecil. Selain itu, jus buah tinggi gula, faktor lain yang dapat menyebabkan masalah tidur.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani