Menu

Dear Bumil, Ini Sederet Pantangan yang Harus Kamu Hindari saat Hamil Tua!

03 Januari 2021 15:20 WIB

Potret ibu hamil sedang makan. (Freepik.com/Senivpetro)

HerStory, Jakarta —

Memasuki trimester terakhir, Ibu hamil biasanya mulai mempersiapkan segalanya, mulai dari keperluan bayi, persiapan mental, hingga menyiapkan tenaga dan kesehatan untuk proses persalinan.

Moms, alangkah baiknya bukan hanya melakukan serangkaian persiapan saja, tetapi juga sebaiknya menghindari berbagai pantangan. Hal ini wajib dilakukan agar kondisi kesehatan Ibu dan janin tetap terjaga dengan baik hingga proses persalinan terjadi.

Kira-kira, apa saja ya pantangan untuk Ibu yang sedang hamil tua? Yuk baca sederet informasinya!

1. Mengangkat beban terlalu berat

Mengangkat beban yang terlalu berat dapat membuat punggung Bumil tegang. Moms enggak boleh mengambil risiko yang enggak perlu saat hamil tua.

2. Berpergian atau duduk terlalu lama

Saat trimester terakhir, sebisa mungkin hindari perjalanan panjang karena sangat berisiko untuk Ibu hamil.

Menurut Mayo Clinic, terbang saat hamil umumnya aman hingga usia kehamilan 36 minggu. Namun, ini hanya untuk kehamilan sehat dan sudah mendapatkan persetujuan dokter. Apabila Moms mau enggak mau harus melakukan perjalanan panjang saat hamil tua dan mengharuskan duduk terlalu lama, lakukanlah peregangan karena ini akan membantu sirkulasi darah ke janin.

3. Makan banyak

Posisi janin saat hamil tua ini sudah cukup rendah di dalam perut sehingga proses pencernaan menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, apabila Moms makan terlalu banyak, bisa membaut perut tersiksa, lho!

4. Tidur telentang

Menurut American Pregnancy Association, posisi terbaik untuk ibu hamil adalah tidur menyamping ke kiri dengan kaki menekuk. Posisi ini dapat meningkatkan jumlah darah dan nutrisi untuk janin.

Posisi telentang justru bisa menyebabkan masalah, seperti sakit punggung, pernapasan, sistem perencanaan, wasir, tekanan darah rendah, dan menyebabkan penurunan sirkulasi ke jantung dan janin.

5. Sauna

Sauna saat hamil dapat meningkatkan potensi komplikasi kehamilan. Hal ini sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa sauna saat hamil bisa meningkatkan kelahiran cacat dan spina bifida, kelainan di tulang belakang pada bayi.

Moms, waspada ya. Baiknya hal-hal tersebut dihindari dulu saat hamil tua ya!

Share Artikel:

Oleh: Clara Aprilia