Menu

Latih Kreativitas Siswa, Sampoerna Academy Gelar STEAM Expo 2023, Yuk Intip Kegiatannya!

03 Maret 2023 16:55 WIB

Peluncuran STEAM Expo 2023 di Sampoerna Academy. (Ummu Hani/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sampoerna Academy kembali menggelar STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) sistem pembelajaran inovatif.

Ajang ini dijadikan sebagai platform lahirnya para inovator muda, problem solver, serta calon pemimpin masa depan yang berpikir kritis juga kreatif.

Principal of Sampoerna Academy L’Avenue, Azamat Dzhumanazarov mengatakan, penerapan metode STEAM di Sampoerna Academy dirancang untuk memperkuat lima komponen penting siswa, yakni 5C (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration, and Character). 

“Pendekatan STEAM mengintegrasikan pemikiran dan praktek yang sangat efektif dan efisien dalam membantu siswa kami tetap fokus dan terlibat sepanjang sesi. Melalui pembelajaran STEAM, peserta didik juga memiliki pemahaman lebih holistik serta dapat langsung menerapkannya pada masalah-masalah yang berorientasi pada kehidupan nyata,” ungkap Azamat, dalam acara STEAM Expo 2023, di Jakarta, Jumat (3/3/2023).

Hasil dari pembelajaran ini kemudian ditampilkan setiap tahunnya dalam STEAM Expo yang serentak diadakan di seluruh Sampoerna Academy, yakni Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya, dan Medan pada 2-4 Maret 2023 dengan total lebih dari 1.000 karya.

Dalam kesempatan sama, Wulan Septiandari, selaku National Principal of Sampoerna Academy L’avenue menambahkan, STEAM Expo menjadi wadah bagi para siswa menunjukkan perkembangan belajar serta menumbuhkan semangat dan motivasi belajar anak sejak dini. 

“Program ini merupakan komitmen dari Sampoerna Academy untuk terus mengakselerasi terciptanya pemimpin masa depan yang berpikir kritis dan problem solver. Kegiatan ini juga tak lepas dari peran kami sebagai pendidik untuk membimbing dan memberikan konsultasi selama proses pembuatan proyek mereka. Pendekatan ini dapat merangsang pemahaman holistik dan pemikiran kritis, yang menjadi bukti efektivitas pendekatan STEAM dalam mengembangkan kompetensi peserta didik,” ujar Wulan.

Pada penyelenggaraan di Sampoerna Academy L’Avenue, terdapat 150 karya yang didaftarkan. Beberapa proyek yang dapat dilihat di Sampoerna Academy L’Avenue, meliputi Mini Fog Machine, Aquaponics, Drowsiness Detection System, Fashion Technology, dan masih banyak lagi.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani

Artikel Pilihan