Menu

4 Aktivitas Ini Gak Boleh Dilakukan Setelah Makan Malam, Kamu Pernah Melakukannya?

04 Januari 2021 19:35 WIB

Makanan sehat. (Pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Pola makan serta jenis makanan yang kamu konsumsi nyatanya memiliki peranan besar untuk kesehatan tubuh. Salah satu yang paling terpengaruh adalah kesehatan pencernaan. Hal yang kamu lakukan setelah makan pun turut memengaruhi kondisi kesehatan tubuhmu.

Salah satunya adalah setelah makan malam. Ada beberapa aktivitas yang dilarang untuk dilakukan setelah makan malam karena bisa menyebabkan makanan tidak tercerna dengan sempurna, merusak kesehatan pencernaan dan menimbulkan gangguan kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah aktivitas yang dilarang dilakukan setelah makan malam.

Mandi

Mandi adalah salah satu kegiatan yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan, apalagi di malam hari. Konsepnya adalah aliran darah banyak terkumpul di saluran pencernaan setelah makan. Sedangkan ketika mandi, tubuh menjadi dingin dan hal ini tidak membantu makanan tercerna dengan baik yang berakhir dengan munculnya masalah kesehatan.

Tidur

Punya kebiasaan untuk langsung tidur setelah makan? Sebaiknya hilangkan kebiasaan ini. Sebab ketika kamu langsung berbaring, tekanan pada diagrafma akan meningkat dan berpotensi menyebabkan radang usus.

Jalan kaki

Jalan kaki setelah makan mampu menyebabkan refluks asam dalam sistem pencernaan. Selain itu jalan kaki membuat penyerapan nutrisi dari makanan menjad berkurang.

Minum teh

Minum teh setelah makan memiliki efek buruk tersendiri pada sistem pencernaan. Teh membuat tubuh tidak bisa menyerap zat besi dari makanan. Asam dalam teh juga akan mengganggu penyerapan protein dalam makanan.