Menu

Praktik dari Sekarang! Lebaran Makin Glowing, Ini Tips Cerahkan Wajah dalam 2 Hari, Rugi Kalau Gak Coba!

08 Maret 2023 03:30 WIB

Ilustrasi kulit glowing. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Sedikit lagi bulan Ramadan akan tiba. Bagi umat Muslim, hari raya Idulfitri berarti akan dilaksanakan kurang dari dua bulan lagi.

Menurut tradisi, perayaan ini biasanya jadi sarana untuk mengunjungi keluarga dan bersilaturahim. Maka dari itu, banyak sekali yang ingin tampil secara optimal dan menunjukkan wajah terbaiknya saat bertemu dengan kerabat.

Tetapi, bisakah wajah tampak glowing dalam waktu sesingkat itu?

Ahli dermatolog Burju Aesthetic dr. Phery Cendres, M.Biomed., mengatakan ternyata ada cara 'instan' yang bisa dilakukan untuk perawatan wajah agar glowing ketika hari raya.

"Kita ngomong dua kelompok, kelompok yang muda lihat dulu berjerawat atau enggak, itu buru-buru benerin karena jerawat cukup cepat hasilnya untuk mendapatkan hasil. Buru-buru, entah facial, entah peeling," ungkap dokter Phery ditemui di Burju Aesthetic, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bila wajah tak berjerawat, menurut dokter Phery perawatan yang dilakukan cukup berupa pemeliharaan agar kulit tetap sehat.

"Saya sarankan untuk Chemical Peeling yang glowing itu oke," sarannya.

Tetapi, bila masalah kulit wajah mulai kompleks, seperti telah ada flek, dokter Phery mengakui bahwa sulit mendapatkan hasil yang instan meski lakukan perawatan di klinik kecantikan.

Untuk orang dewasa di atas 40 tahun yang biasanya telah memiliki tanda penuaan, dokter Phery menyarankan untuk lakukan perawatan ringan.

"Perbaiki saja yang ringan dulu, pakai mesin sofwafe. Kalau berani dengan injectable, mini botox juga itu oke karena dua minggu udah ada hasil," tuturnya.

Ia menyarankan, setaknya perlu lakukan perawatan dengan facial sebulan sekali. Tujuannya untuk bantu meregenerasi kulit wajah agar tak terlihat kusam.

"Jadi yang simpel itu treatment-nya yang dimulai dengan facial, itu penting kalau yang suka outdoor kulitnya kan kotor jadi dibersihkan. Jaga kesehatan kulit intinya gitu," kata dokter Phery.

Selain perawatan di klinik kecantikan, dokter Phery mengingatkan agar menjaga kesehatan kulit wajah juga perlu dilakukan setiap hari dari rumah. Cara paling sederhana dengan membersihkan wajah dua kali sehari dan memastikan kelembapan kulit terjaga.

Untuk mencegah tanda penuaan juga penting untuk melindungi kulit dari paparan berlebih sinar matahari.

"Jadi rajin-rajin pakai sunblock kalau activity outdoor-nya. Pakai pelembap kalau banyak berdiam diri di ruangan ber-ac, karena lama-lama kulit juga akan kerut," sarannya.

Artikel Pilihan