Menu

Kerap Berperan Ganda, Ini 3 Tips Sukses Jadi Ibu Sekaligus Wanita Karier Menurut CEO Grant Thornton Indonesia, Simak Ya!

08 Maret 2023 07:00 WIB

ilustrasi ibu bekerja di kantor sambil mengurus anak (A Mother Is Born/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, stigma seorang ibu dan wanita karier tampaknya merupakan sebuah cerita yang tak kunjung usai. Di saat ada ibu bekerja, maka ada komentar miring soal ‘siapa yang bakal ngurus anak?’ bermunculan. 

Padahal, wanita adalah sosok yang hebat di mana mampu menjadi ibu tanpa harus mengorbankan kariernya, lho. Hal ini dibuktikan sendiri oleh seorang pemimpin sebuah perusahaan audit, yaitu Johanna Gani yang mengemban posisi sebagai CEO Grant Thornton.

Dalam talkshow bertajuk ‘Women Empower Women’ yang digelar secara virtual, Selasa (7/3/2023), Johanna menegaskan bahwa menjadi seorang ibu bukanlah halangan untuk wanita untuk tetap berkarier.

Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari ini (8/3/2023), ia ingin mendorong wanita untuk semakin giat dalam berkembang.

Sebagai salah satu perempuan yang mampu mengemban tugas ganda sebagai ibu dan pemimpin perusahaan, Johanna telah menerapkan beberapa hal dalam hidupnya. Inilah yang menjadi kunci sukses baginya meski berperan ganda, jadi istri dan ibu di rumah serta pemimpin di kantor.

1. Tentukan prioritas

Johanna menjelaskan bahwa semua hal akan terselesaikan dengan baik dengan adanya prioritas. Dengan begitu, kamu mampu memaksimalkan waktu dengan bijak.

“Bikin prioritas tentukan mana yang nomor satu, nomor dua, nomor tiga gitu ya. Kalau untuk saya keluarga prioritas pertama saya. Dengan begitu kita juga disiplin di dalam kita memanage waktu kita gitu. Jadi kita tahu yang mana yang prioritas itu kemudian,” ungkapnya.

2. Bekerja sepenuh hati

Johanna yakin bahwa kunci lain untuk mencapai kesuksesan adalah dengan bekerja sepenuh hati. Hal ini berlaku bagi perempuan yang mana saat di kontor ia harus mampu memosisikan diri sebagai pekerja dan ketika di rumah ia dengan tulus berperan sebagai istri dan ibu.

“Dalam melakukan pekerjaan kita, kita harus sepenuh hati gitu. Ketika kita ada di kantor kita sepenuh hati melakukan tugas tugas kita. Ketika kita ada di rumah, kita juga sepenuh hati melakukan kalau kita sebagai istri dan ibu,” ungkapnya.

3. Miliki support system yang baik

Johanna gak memungkiri bahwa perempuan yang sukses gak terlepas dari dukungan orang sekitar yang gak pernah lepas darinya. Inilah yang membuat Johanna menempatkan support system sebagai salah satu kunci kesuksesan ala dirinya.

“Kemudian juga kalau dari saya yang sangat terbantu adalah support system di dalam kehidupan saya. Jadi ada beberapa yang support system yang harus kita. Pegang dan kita andalkan karena kita enggak bisa hidup sendiri. Maksudnya gak segala sesuatunya kita lakukan sendiri gitu,” paparnya.

Hal ini dirasakannya ketika ia gak mampu setiap saat mengurus anak, maka ada support system yang mana adalah sang ibunda yang mengambil alih sementara perannya itu. Dengan begitu, ia mampu melakukan pekerjaan yang lain tanpa harus mengorbankan yang lainnya.

Support system saya dulu waktu anak-anak masih kecil adalah ibu saya. ibu saya yang banyak membantu untuk mengurus anak gitu. Jadi ya itu itu dinamikanya yang kita harus manage by step,” tandasnya.

Artikel Pilihan