Menu

Begini Cara Menggunakan Serum yang Tepat Untuk Hasil yang Optimal

05 Januari 2021 11:55 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang menggunakan skincare. (Unsplash/Humphrey Muleba)

HerStory, Bandung —

Untuk kamu yang rajin menggunakan skincare, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya serum. Produk berbentuk cair ini dirancang khusus untuk menutrisi kulit hingga lapisan terdalam. Sehingga, kulit menjadi lebih sehat dan kenyal.

Namun, beberapa orang kerap mengeluh kalau penggunaan serum tidak memengaruhi apapun. Dalam beberapa kasus, penggunaan serum malah membuat kulit menjadi bruntusan dan breakout. 

Dilansir dari berbagai sumber, hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah bahan-bahan yang terkandung dalam serum. Kamu juga harus rajin mengecek manfaat dari bahan-bahan tersebut. Jadi jangan asal beli karena melihat serum tersebut cocok di kulit orang lain, ya Beauty! Beda kulit tentu beda juga treatment-nya.

Kalau kamu tidak bermasalah dengan kandungannya, maka bisa jadi alasan serum tidak bekerja dengan baik adalah cara penggunaannya. Melansir dari berbagai sumber, begini cara mengaplikasikan serum dengan benar.

Bersihkan wajah terlebih dulu

Perlu diketahui, bahan aktif dalam serum bisa dengan mudah menempel pada kotoran dan kulit mati. Jadi, demi penyerapan maksimal, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dulu sebelum menggunakan serum.

Cucilah wajah dengan air hangat. Air yang terlalu panas membuat kulit berkeringat, sehingga dapat menghambat penyerapan. Penggunaan air dingin bisa menutup pori-pori yang akhirnya menghalangi serum untuk menembus kulit.

Pakai serum saat kulit masih lembap

Ada yang bilang, kulit yang lembap daya serapnya 10 kali lipat lebih baik ketimbang kulit kering. Karenanya, aplikasikan serum pada kulit yang masih lembap setelah mencuci muka atau setelah mengusap toner bebas alkohol.

Setelah mengoleskan serum merata di wajah, tekan dengan telapak tangan terbuka (bukan dengan ujung jari) untuk melepaskan bahan aktifnya.

Jangan langsung mengaplikasikan pelembap

Ingat, serum beda dengan pelembap. Serum membutuhkan “rekan kerja” berupa pelembap. Untuk penyerapan serum maksimal, setelah membersihkan wajah tunggulah setidaknya 5 menit sebelum mengoleskan pelembap. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebelum menggunakan serum tunggulah selama 10-15 menit setelah membersihkan wajah.

Serum dengan formula yang baik akan dengan cepat terserap kulit. Jika serum meninggalkan residu minyak atau lengket, ini pertanda serum tidak bekerja seperti seharusnya.

Tak perlu banyak-banyak

Kandungan serum sangat terkonsentrasi jadi lebih sedikit lebih baik. Hanya beberapa tetes (tak lebih dari ukuran kacang polong) sudah cukup. Penggunaan yang lebih banyak tak akan menambah manfaat apa pun.

Hindari pewarna dan pewangi

Saat ingin membeli serum, hindari cairan serum yang berwarna-warni atau yang wangi. Beberapa kriteria serum yang baik adalah warna dan baunya tidak menarik. Serum yang bagus mengandung bahan aktif untuk menargetkan perbaikan dan peremajaan kulit. Tambahan pewarna dan pewangi tidak menambahkan manfaat apa-apa, justru bisa menghambat daya serap.