Menu

Peduli Anak Para Pekerja, P&G Jakarta Plant Sediakan Daycare Gratis, Intip 6 Fasilitasnya Nih Moms!

08 Maret 2023 20:23 WIB

Daycare yang berada di tengah pabrik P&G Indonesia, di Karawang, Jawa Barat. (Noorma/HerStory)

HerStory, Karawang —

Menjadi seorang ibu sekaligus pekerja terkadang menjadi hambatan karena tempat kerja yang belum ramah anak. Mengatasi masalah ini, Procter & Gamble (P&G) Jakarta Plant yang berada di Karawang menyediakan daycare atau tempat penitipan anak untuk para pekerja. 

Daycare ini bersifat gratis sehingga pekerja, khususnya ibu gak perlu lagi khawatir untuk meninggalkan anak kala bekerja. Ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan P&G demi kesejahteraan pekerja. 

Daycare on site ini sebenarnya sudah buka sejak tiga tahun lalu. Namun, sempat tutup selama pandemi Covid-19 lalu dibuka kembali tahun lalu. 

“(Daycare) 3 tahun sudah berdiri, sempat shut down karena Covid dan kembali dibuka tahun lalu,” ungkap Emiliana Arifin, selaku Director of Quality Assurance and E&I Team Leader P&G Indonesia saat media visit di Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/3/2023) 

Daycare ini terdiri dari dua lantai yang mana lantai 1 dikhususkan untuk bayi usia 6 bulan sampai 1,5 tahun. Sedangkan, lantai 2 diisi oleh anak di bawah 5 tahun. 

Ada beberapa fasilitas yang didapatkan di daycare yang berada di tengah pabrik P&G ini. Lewat kunjungan HerStory ke P&G Jakarta Plant, Rabu (8/3/2023), berikut fasilitas yang tersedia di daycare lantai 2 tersebut. 

1. Rak sepatu

Tepat di belakang pintu terdapat rak sepatu yang cukup luas berwarna merah. Bahkan, ada nama tiap anak agar peletakkan sepatunya teratur dan rapi, Moms. 

Di atas rak ini terdapat karya beberapa anak yang gak kalah bagus. Meski sederhana, pojok yang satu ini terlihat hangat dipenuhi dengan sepatu berukuran kecil milik anak-anak pekerja. 

2. Activity room

Ruang pertama yang tersedia di daycare ini adalah activity room atau ruang anak-anak untuk beraktivitas dan mengembangkan kemampuan serta kreativitasnya. 

Gak cuma itu, anak-anak juga bermain serta menghabiskan snack time atau waktu ngemil di ruangan ini. 

3. Ruang tidur

Selanjutnya ada dua ruangan tidur yang ditempati oleh anak laki-laki dan perempuan secara berbeda. Ruangan ini terdiri dari matras serta bantal. 

Saat HerStory berkunjung bertepatan dengan jam tidur siang di mana anak-anak sedang terlelap dalam ruangan dengan penerangan yang sengaja diredupkan. Anak-anak tidur dengan rapi sesuai dengan posisi mattas yang sudah diberi jarak tiap 1 meter. 

4. Toilet

Wah, toilet anak-anak ini jiga gak kalah menggemaskan, lho. Terdapat kloset serta westafel tempat cuci tangan. 

Ada 2 toilet untuk perempuan dan laki-laki yang posisinya bersebelahan, Moms. 

5. Pantry

Selanjutnya, ada pantry yang dikhususkan untuk orang tua memasak makanan anak. Terdapat seperangkat alat masak di sana. 

Meski begitu, kebanyakan para ibu telah membawa bekal anak dari rumah, kok. 

6. Storage room

Ruang terakhir adalah tempat penyimpanan barang para penjaga. Penjaga juga dapat beristirahat di ruangan ini. 

Nah, itu dia fasilitas yang ada di ruangan daycare P&G Jakarta Plant. Untuk menjaga performa kerja tetap maksimal, day care membantu para ibu untuk tenang saat bekerja sebab anak sudah ditempatkan di daycare

Setelah waktu bekerja habis, biasanya di sore hari, barulah orang tua datang menjemput anak-anak. Wah, manfaat daycare di tempat kerja sangat positif, baik bagi anak serta orang tua, ya.