Menu

5 Fakta Unik dari Tubuh Wanita, Ternyata Punya Dua Rahim!

06 Januari 2021 09:25 WIB

Ilustrasi leher wanita (media.istockphoto.com/Edited by Herstory)

HerStory, Bandung —

Wanita terlahir dengan banyak keistimewaan yang Tuhan anugerahkan. Salah satunya adalah tentang fisik atau tubuh wanita. Tubuh wanita dan pria tentu mempunyai perbedaan yang cukup jelas.

Perbedaan yang paling jelas adalah wanita memiliki rahim sedangkan pria tidak punya. Rahim yang nantinya akan menjadi tempat teraman untuk tumbuh dan berkembangnya seorang bayi ternyata punya fakta menarik yang mungkin belum diketahui oleh wanita sendiri. Beberapa orang mengatakan kalau sebenarnya ada dua rahim dalam tubuh wanita. Benarkah itu?

Selain mengenai jumlah rahim, tubuh wanita memiliki rahasia-rahasia lain yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah 5 fakta unik mengenai tubuh wanita yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Wanita Punya 2 Rahim

Semua fetus jenis kelamin wanita pada awalnya memiliki dua rahim, dua vagina dan dua leher rahim yang terbelah oleh semacam dinding pemisah sementara. Setelah janin semakin besar, bagian-bagian tersebut menyatu dan membentuk satu rahim, vagina, dan leher rahim. Ada tiga persen kasus dimana perkembangan ini terganggu, dan bayi lahir dengan dua rahim terpisah.

2. Bentuk Payudara

Satu payudara selalu lebih besar dibanding yang satunya lagi. Perbedaannya tidak besar sehingga seringnya tidak terlihat. Tapi tidak ada satu pun perempuan yang memiliki payudara berukuran sama besar.

3. Lidah Sensitif

Wanita memiliki sensor pengecap lebih banyak pada lidah dibanding laki-laki. Ini menurut hasil studi Universitas Kopenhagen. Mereka meneliti indera pengecap pada anak-anak. Hasilnya, anak laki-laki membutuhkan sekitar 10% lebih banyak rasa asam dan 20 persen lebih banyak rasa manis untuk bisa mengenali rasa sesuatu.

4. Lebih Cantik di Masa Subur

Pria cenderung tertarik dengan perempuan yang subur. Jadi, wanita yang menggunakan pil anti hamil bisa dianggap sebagai kurang menarik. Menurut studi, kaum pria menangkap perbedaannya dari perubahan bau tubuh dan nada suara wanita yang subur dan tidak subur.

5. Leher Lebih Lentur

Tahukah kamu kalau leher wanita lebih fleksibel? Saat hendak berputar ke arah yang lain, perempuan cenderung memutar leher dan kepalanya. Sementara laki-laki berputar dengan seluruh tubuhnya.