Menu

Patahkan Stigma Soal Menstruasi, Softex x UNICEF Hadirkan Film Pendek dan Pameran Karya: Ana & The Red Wings

10 Maret 2023 18:16 WIB

Konferensi pers peluncuran film pendek Ana & Red Wings di Sarinah (Noorma/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, Softex bersama UNICEF Indonesia meluncurkan film pendek Ana & The Red Wings sebagai upaya mematahkan stigma seputar pengalaman menstruasi. Kampanye ini juga berupaya untuk mewujudkan kesadaran publik terhadap pentingnya akses kesehatan serta kebersihan menstruasi di Indonesia Timur. 

Melalui film pendek ini diharapkan menjadi aspirasi bagi para para remaja putri Indonesia untuk menerima momen menstruasi pertama dengan lebih siap dan percaya diri. Simbolisasi Red Wings yang ditekankan Softex pada film ini, melambangkan suatu tanda pendewasaan.

“Kami sangat senang dapat bekerjasama kembali dengan UNICEF Indonesia. Sebelumnya, program ini telah membawa dampak positif bagi remaja putri di daerah Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Kami berharap kemitraan ini dapat membangun kesadaran masyarakat tentang masalah seputar Manajemen Kesehatan Menstruasi (MKM) serta meningkatkan kesejahteraan remaja di wilayah Indonesia Timur,” ungkap Kadir Gunduz selaku Presiden Direktur PT Softex Indonesia, dalam keterangan pers yang diterima HerStory, Jumat (10/3/2023).

Menurut data Profil Sanitasi Sekolah 2022 yang dipublikasikan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama UNICEF, 52% sekolah di Indonesia memiliki fasilitas toilet perempuan dan akses kebersihan menstruasi yang kurang layak. 

Dalam upaya mengatasi isu tersebut, Softex melalui Kimberly-Clark Foundation memberikan bantuan sebesar 15 miliar rupiah kepada UNICEF Indonesia untuk program penyediaan akses fasilitas air bersih, sanitasi, dan kebersihan yang mempertimbangkan aspek kesetaraan gender dan inklusi sosial serta meningkatkan kualitas hidup remaja putri di Indonesia melalui promosi dan edukasi tentang kesehatan dan kebersihan menstruasi.

Kerja sama ini akan berjalan hingga tahun 2024, dimana Softex mendukung UNICEF untuk membantu 10.000 remaja putri di Indonesia Timur mengelola menstruasi mereka dengan aman dan higienis serta membantu 80.000 orang, terutama remaja putri, di Indonesia Timur untuk hidup dalam lingkungan yang bersih dan higienis.

Intervensi perusahaan untuk pengembangan Manajemen Kesehatan Menstruasi (MKM) ini merupakan upaya untuk memberikan dampak bagi masyarakat dan menciptakan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang.

“Kurangnya pemahaman tentang kesehatan dan kebersihan menstruasi dapat mengganggu kinerja remaja putri di sekolah, dan seringkali menjadi penyebab stres dan rasa malu yang tidak perlu. Dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, pengetahuan yang benar tentang menstruasi penting bagi remaja putri dan juga laki-laki,” jelas Gregor Henneka, selaku Direktur Penggalangan Dana dan Kemitraan, UNICEF Indonesia.

Selain film, Softex juga menyelenggarakan sebuah pameran karya Ana & The Red Wings dengan menggandeng seniman lokal Ika Vantiani dan Rachel Ajeng.

Pameran karya  mulai dari tanggal 10 hingga 12 Maret 2023 di Gedung Sarinah ini menghadirkan 2 karya inspiratif dan interaktif yang menginterpretasikan simbol Red Wings sebagai lambang menstruasi pertama pada remaja berdasarkan pengalaman, maupun perasaan dari tiap seniman, yang terinspirasi dari film pendek Ana & The Red Wings.