Menu

Baru Tahu Sekarang... Ternyata 5 Buah dan Sayuran Ini 'Haram' Disimpan dalam Kulkas, Stop Mulai Sekarang Ya!

10 Maret 2023 19:50 WIB

Kumpulan buah dan sayuran. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, kulkas selama ini dianggap menjadi penyelamat untuk menyimpan berbagai sayuran dan buah-buahan. Padahal, ternyata gak semua makanan alami boleh disimpan di kulkas, lho.

Tahukah Moms, beberapa jenis sayur dan buahan akan berkurang nutrisinya jika disimpan dalam suhu dingin. Akibatnya, saat dikonsumsi menjadi kurang bermanfaat bagi tubuh. 

Apa saja sih sayur dan buah-buahan yang gak boleh disimpan di kulkas? Yuk simak penjelasannya berikut ini!  

1. Melon

Melansir dari Simply Recipes, melon kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun buah ini akan hilang manfaatnya ketika diiris atau dipotong dadu dan disimpan di lemari es. 

Baiknya, simpan melon di kulkas dalam keadaan utuh agar nutrisinya tetap terjaga. 

2. Bawang Merah dan Putih

Kulkas memiliki kelembaban tinggi yang tidak pas untuk bawang merah dan bawang putih. Jika disimpan dalam kulkas, bawang akan melunak dan lebih mudah tumbuh jamur. 

Baiknya, simpan bawang di suhu ruang. Jauhkan bawang dari bahan dapur lainnya, seperti kentang untuk menjaga penguapan gas etilen.

3. Kentang

Kentang merupakan jenis umbian yang mengandung nutrisi tinggi, seperti protein, lemak, dan serat yang tinggi. Namun, jika cara penyimpanannya salah seperti disimpan dalam lemari es, nutrisi yang terkandung bisa hilang. 

4. Buah Tropis

Buah-buahan seperti nanas, mangga, kiwi, dan pepaya merupakan buah tropis yang dipanen dalam cuaca hangat. Nah, baiknya untuk menjaga buah-buahan ini tetap segar, baiknya simpan di wadah kedap udara. 

5. Tomat

Lemari es yang dingin akan menghilangkan kelembapan dari tomat. Untuk mencegah hal ini terjadi, cukup simpan tomat di suhu ruang dan jangan menumpuknya, Moms.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani