Menu

Rekomendasi 4 Alat Kesehatan Sederhana yang Wajib Ada di Rumah, Penting Banget Lho Moms, Cek di Sini!

13 Maret 2023 13:00 WIB

Wanita yang sedang diukur suhu tubuhnya menggunakan thermometer gun. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Kesehatan keluarga merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga. Ketika ada anggota keluarga yang sakit, maka Moms dapat melakukan pertolongan pertama menggunakan alat kesehatan yang ada di rumah.

Selain berguna untuk mendeteksi bagaimana kondisi awal, alat kesehatan ini juga bisa digunakan untuk memantau kesehatan keluarga. Cara menggunakannya juga sederhana sehingga Moms bisa memeriksa keluarga secara langsung tanpa harus pergi ke klinik terdekat.

Nah, kira-kira apa saja alat kesehatan sederhana yang wajib ada di rumah tersebut? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel rekomendasi HerStory berikut ini, Moms.

1. Termometer

Alat kesehatan yang satu ini wajib ada di rumah karena bisa mendeteksi suhu seseorang. Jika anak atau anggota keluarga lain jatuh sakit, maka Moms dapat memeriksa suhunya terlebih dahulu menggunakan termometer.

Setelah mengetahui suhu badan si kecil, Moms bisa mencoba beberapa cara untuk meredakan demamnya, misal dengan memberi obat. Gunakan termometer untuk memantau kondisi anak tiap jam. 

2. Oximeter

Oximeter merupakan alat kesehatan yang dapat memantau kadar oksigen serta detak jantung seseorang. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu cukup ‘menjepit’ jari di alat.

Jangan khawatir sebab alat ini gak menyebabkan rasa sakit seperti terjepit, kok. Jika kadar oksigen berada di bawah 90%, maka anggota keluarga membutuhkan pertolongan medis atau oksigen tambahan, Moms.

3. Tensimeter

Nah, alat yang satu ini wajib ada di rumah khususnya yang memiliki riwayat hipertensi. Tensimeter dapat memantau tekanan darah secara rutin.

Jadi, Moms gak perlu pergi ke klinik untuk mengetahui tekanan darah. Lakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh dan kinerja obat yang dikonsumsi, ya.

4. Glukometer

Selanjutnya ada alat kesehatan wajib bagi penderita diabetes maupun obesitas. Glukometer berfungsi untuk mengecek kadar gula darah, Moms.

Adapun cara untuk menggunakannya adalah dengan membersihkan ujung jari dengan alkohol swab dan mengambil sampel darah area tersebut. Setelah jari ditusuk, teteskan darah ke strip tes dan masukkan strip tes ke glukometer.

Hasil kadar gula darah akan muncul beberapa saat kemudian. Pastikan untuk menjaga kebersihan alat tusuk dan jari sebelum melakukan tes, ya.

Nah, itu dia beberapa alat kesehatan wajib yang ada di rumah. Moms sudah punya yang mana saja, nih?

Share Artikel:

Oleh: Noorma Amalia Siregar