Menu

Apakah Kamu Termasuk Orang yang Mudah Marah? Hati-Hati, Masalah Kesehatan Ini Mengincarmu!

07 Januari 2021 19:00 WIB

Ilustrasi Seseorang Sedang Marah (Freepik/Cookie_studio)

HerStory, Bogor —

Moms, apakah kamu termasuk orang yang mudah marah? Sebenarnya, rasa marah adalah hal yang wajar dialami oleh setiap orang, karena itu merupakan salah satu emosi yang ada di dalam diri manusia. Bahkan faktanya, rasa marah dapat membantu seseorang untuk berpikir lebih rasional lho

Akan tetapi perlu diketahui, rasa marah akan menjadi baik saat diekspresikan dengan cara yang sehat ya. Apabila kamu meluapkan amarah dengan meledak-ledak, tentu saja itu bukan hal yang baik dan bisa mengganggu kesehatan tubuh kamu lho moms. 

Melansir dari berbagai sumber (07/01/2021), berikut ini adalah masalah kesehatan yang akan kamu dapatkan ketika meluapkan amarah tanpa kendali. Simak informasinya baik-baik ya moms! 

Serangan jantung 

Seorang dosen asal Wake Forest University School of Medicine mengungkapkan bahwa dalam dua jam setelah meluapkan kemarahan, kesempatan untuk terkena serangan jantung meningkat sebanyak dua kali lipat. Hal itu dikarenakan rasa amarah dapat memicu detak jantung menjadi lebih cepat dan dapat berakibat fatal bagi tubuh. 

Stroke

Apakah kamu termasuk orang yang suka memukul sesuatu atau melempar barang ketika marah? Jika iya, segera waspada ya moms. Pasalnya, sebuah penelitian menyatakan bahwa dalam waktu dua jam setelah marah yang tak terkontrol, orang tersebut memiliki risiko tiga kali lebih tinggi untuk mengalami stroke. Hal itu karena terjadi perdarahan atau penggumpalan darah yang terjadi pada otak. Oleh sebab itu, jika kamu mulai merasa emosi sebaiknya segera atur pernafasan dan tenangkan diri ya moms.

Darah tinggi

Sepertinya sudah banyak yang mengatakan ya bahwa marah-marah dapat menyebabkan penyakit darah tinggi. Hal itu terjadi karena saat kamu dalam keadaan emosi, tubuh akan menjadi tegang sehingga memicu tekanan darah menjadi tinggi. Tekanan darah yang tinggi juga dapat memicu serangan jantung lho moms. 

Masalah pernafasan 

Mungkin kamu pernah melihat beberapa orang yang sedang dalam keadaan emosi akan mengalami sesat nafas. Saat sedang marah, akan terjadi penyempitan pada jalan pernafasan, sehingga hal itu lah yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan bernafas. 

Itu dia 4 penyakit yang dapat terjadi saat emosi kamu sedang memuncak. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya untuk belajar kontrol emosi sejak saat ini ya moms!