Menu

Rekomendasi Obat Kumur agar Napas Segar dan Mulut Gak Bau Selama Puasa, Cuss Cobain!

17 Maret 2023 13:40 WIB

Ilustrasi bau mulut. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, selama menjalani ibadah puasa, setiap orang khawatir dengan bau mulutnya. Bukan tanpa sebab, bau mulut selama puasa karena produksi air liur berkurang. 

Akibatnya, bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga muncul bau tidak sedap di mulut. Belum lagi sisa makanan setelah sahur yang menempel pada gusi. 

Sebab itu, tak cukup hanya sikat gigi setelah sahur agar mulut bau segar seharian. Baiknya, untuk mencegah bau mulut, gunakan cairan obat kumur yang mampu menghilangkan bakteri. 

Nah, berikut ini rekomendasi dari HerStory obat kumur yang bisa bikin mulut segar dan anti bau seharian selama berpuasa. Cuss simak!

1. Betadine Mouthwash and Gargle 

Obat kumur ini mengandung zat aktif Povidone iodine, sehingga ampuh mengatasi masalah mulut seperti sakit tenggorokan dan gusi bengkak yang mengebabkan bau mulut. Penggunaannya pun mudah hanya dengan kumur selama 30 detik, lakukan 3-5 kali per hari atau sesuai kebutuhan.

Harganya pun cukup terjangkau, mulai sari Rp30.000-an untuk kemasan satu botol 190 ml. 

2. Listerine

Merk obat kumur satu ini memang sudah cukup populer digunakan masyarakat Indonesia unthk cegah bau mulut. Listerine dapat membersihkan bakteri akibat makanan tersisa di gigi yang akan menimbulkan karang dan penyakit lain. 

Rasanya pun beragam, mulai dari cool mint, sitrus, siwak, green tea hingga freshbrust. Clean Mint disetiap varian Listerine membuat aroma mulut menjadi segar.

Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp10.000 pada kemasan kecil hingga Rp80.000 untuk varian besarnya. 

3. Pepsodent

Selain memproduksi pasta gigi, produk ini juga memiliki obat kumur yang ampuh mengatasi bau mulut khususnya bagi kamu pemilik gigi sensitif.

Pepsodent obat kumur memiliki kandungan Potassium Citrate pada Pepsodent Sensitive Expert Mouthwash sehingga membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi sensitif, dan Fluoride-nya mencegah gigi berlubang. 

Harganya pun tak mahal, hanya mulai dari Rp13.000-an untuk kemasan botol 300 ml. 

4. Colgate Plax

Obat kumur ini diklaim mampu melawan 99.9 persen bakteri sehingga nafas sehat setiap hari. Selain itu, kandungan fluoridenya juga mencegah gigi berlubang dan gusi lebih sehat. 

Kamu bisa membeli obat kumur ini dengan harga Rp50.000-an untuk kemasan 750 ml. 

5. Enzim Mouthwash

Enzim Mouthwash merupakan penyegar mulut yang diformulasikan aman, tidak menggunakan antiseptik dan alkohol dalam kandungannya. Produk ini mengandung enzim alami dan protein yang membantu memberikan fungsi pertahanan air ludah dan melindungi rongga mulut.

Harganya mulai dari Rp26.000-an untuk kemasan 275 ml. 

Kamu tertarik beli yang mana, Beauty?

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani