Menu

Jangan Kebanyakan! WHO Paparkan 5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui soal Konsumsi Garam Berlebih, Apa Saja?

17 Maret 2023 16:55 WIB

Garam Laut (Unsplash/Jason Tuinstra)

HerStory, Jakarta —

Moms, gak bisa dipungkiri bahwa garam merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat memberikan cita rasa nikmat pada makanan. Namun, mengonsumsinya dalam jumlah besar gak baik bahkan berisiko bagi kesehatan, lho.

Oleh karena itu, Dr. Francesco Branca dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menekankan bahwa penggunaan garam harian harus diperhatikan.

Ia bahkan memberikan tanda jika seseorang telah mengonsumsi garam secara berlebih. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini, Beauty!

1. Risiko gangguan kesehatan

Mengonsumsi garam berlebihan akan menyebabkan tekanan gila darah meningkat. Bahkan, ada risiko gangguan jantung hingga store yang mengancam. 

Biasanya, orang yang terlalu banyak mengonsumsi garam akan mengalami retensi air sehingga mudah merasa kembung. Bahkan, ada beberapa studi yang mengaitkan antara kebiasaan konsumsi garam berlebih dengan kanker perut.

2. Kebanyakan orang mengonsumsi garam 2 kali lebih banyak dari yang seharusnya

Moms, WHO menganjurkan untuk mengonsumsi garam sebanyak 5 gram per hari. Namun, itu merupakan setengah dari takaran garam yang biasa dikonsumsi banyak orang.

Apalagi banyak garam tambahan yang tersaji di atas meja. Stop kebiasaan menaburkan garam tambahan ke dalam makanan, ya.

3. Makanan kemasan adalah ‘sarang’ garam

Dr. Branca menjelaskan bahwa makanan kemasan mengansung garam yang sangat banyak. Ia menjelaskan bahwa sebagian besar pembeli garam adalah perusahaan makanan cepat saji.

“Sekitar 80% pendapatan hasil penjualan garam datang dari perusahaan makanan kemasan,” ungkapnya.

4. Sebungkus camilan mengandung total garam harian

Nah, siapa yang doyan ngemil? Ternyata sebungkus camilan mengandung garam yang tinggi setara dengan kebutuhan harian. 

Hal ini gak baik sebab kamu pasti mengonsumsi makanan dengan garam lainnya selain camilan, bukan? Oleh karena itu, kebiasaan ini akan garam berlebih masuk ke dalam tubuh, Moms.

5. Kurangi garam secara bertahap

Ahli menganjurkan agar kamu mengurangi konsumsi garam secara bertahap. Dengan begitu, dalam beberapa minggu ke depan kamu akan berhasil mengurangi asupan garam.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan kadar garam rendah. Ganti camilan tinggi garam dengan buah atau sayur yang kaya serat dan baik untuk kesehatan.

Semoga informasinya bermanfaat, ya Beauty!