Menu

Khawatir Muncul Stretch Mark? Lakuin 3 Cara Aman untuk Atasi Rasa Gatal di Kulit saat Hamil Berikut Moms

19 Maret 2023 17:50 WIB

Ilustrasi Stretch Mark saat hamil. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, stretch mark atau guratan kulit biasanya sering muncul pada ibu hamil. Hal ini terjadi karena biasanya ibu hamil kerap merasakan gatal di beberapa area kulit, seperti perut. 

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghindari munculnya stretch mark adalah dengan mengatasi rasa gatal dengan baik. HerStory sudah merangkum beberapa cara untuk mengatasi gatal secara aman bagi ibu hamil. 

Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, Moms. 

1. Hindari Mandi dengan Air Hangat

Banyak anggapan bahwa mandi air hangat berkhasiat untuk mengurangi rasa gatal. Ternyata cara ini justru kurang efektif, lho. 

Mandi dengan air hangat bisa membuat kulit ibu hamil menjadi kering dan semakin gatal. Inilah sebabnya Moms perlu menghindari mandi dengan air hangat saat kulit mulai terasa gatal-gatal.

2. Stop Garuk Kulit yang Gatal

Moms, sebisa mungkin cobalah untuk jangan menggaruk kulit yang gatal atau area stretch mark. Apalagi kebiasaan menggaruk mungkin dirasa akan membuat lega, tapi ini malah membuat kulit makin gatal, lho. 

Sebaiknya kompres air dingin pada bagian tubuh ataupun kulit yang terasa gatal. Moms juga bisa mengoleskan minyak zaitun pada kulit ataupun area stretch mark untuk meredakan rasa gatal. 

3. Kenakan Pakaian yang Longgar

Gesekan maupun tekanan pakaian ke kulit dapat membuat kulit terasa gatal. Moms disarankan menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman selama hamil. 

Cobalah untuk mengenakan pakaian berbahan katun sehingga keringat dapat terserap dengan baik. Ini akan mengurangi rasa gatal sehingga gak semakin parah.