Menu

Penderita Asam Lambung Wajib Coba! Ini 7 Menu Sahur yang Nyaman untuk Dikonsumsi, Puasa Dijamin Makin Lancar!

20 Maret 2023 17:20 WIB

Ilustrasi terkena Gerd atau Asam Lambung (Freepik.com/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Bagi para penderita asam lambung atau GERD, bulan puasa menjadi terasa tak nyaman jika masalah tersebut kambuh. Biasanya, mereka akan merasakan rasa tak nayaman di sekitar dada, mual, suara serak, hingga rasa nyeri di tenggorokan saat menelan.

Maka dari itu, untuk meredakan dan mengantisipasi GERD kambuh saat berpuasa, ini beberapa menu sahur yang bisa kamu konsumsi secara rutin!

Seperti yang diketahui, asam lambung disebabkan karena sfingter esofagus yang ada di bagian bawah sangat lemah pada waktu yang tak tentu. Akibatnya, asam lambung akan naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan kondisi yang tak nyaman bagi para penderitanya. 

Jika kondisi ini dibiarkan, tentunya akan sangat menganggu ibadah puasa Ramadhan 2023 dan kegiatan lainnya. Kalau kamu mengalami sakit pada perut akibat asam lambung selama puasa, bisa jadi makanan yang dikonsumsi ketika sahur kurang tepat.

Nah, coba deh Beauty konsumsi beberapa makanan yang cocok saat sahur dan dipercaya bisa menurunkan asam lambung berikut ini!

Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung

1. Oatmeal 

Makanan yang tinggi serat seperti oatmeal bisa membuat perut terasa kenyang. Oleh karena itu, penderita asam lambung dapat menjadikan oatmeal sebagai menu sahur, sebab bisa menyerap asam di dalam perut.

Selain itu, penderita asam lambung juga dapat mengonsumsi makanan tinggi serat lainnya seperti roti gandum utuh, nasi merah, dan juga sayuran hijau lho!

2. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung lemak sehat. Selain itu buah berbentuk lonjong ini juga membuat kenyang lebih lama dan sangat aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

3. Pisang 

Agar tetap bisa menjalankan puasa dengan nyaman, para penderita asam lambung disarankan untuk rutin mengonsumsi pisang ketika makan sahur. Buah berwarna kuning ini, bisa membantu dalam menetralkan asam lambung dengan lapisan esofagus yang teriritasi. 

Selain itu, ada juga serat larut yang membantu untuk menjaga makanan mengalir secara baik di dalam saluran pencernaan. Makan satu buah pisang saat sahur juga biss membuat penderita asam lambung merada kenyang jauh lebih lama, bahkan hingga waktu buka puasa. 

4. Kurma 

Kurma menjadi satu menu sahur yang aman untuk penderita asam lambung. Makanan yang satu ini sangat identik dengan bulan Ramadan.

Tak hanya dikonsumsi ketika sahur saja, namun kurma juga bisa mengonsumsi saat berbuka. Kurma merupakan jenis makanan yang kaya akan gula, serat, kalium, dan juga magnesium, sehingga sangat baik untuk penderita magh.

5. Kacang Almond 

Kacang almond atau susu almond juga dapat dijadikan menu sahur untuk penderita asam lambung. Baik dikonsumsi saat masih berbentuk kacang-kacangan maupun susu, kacang almond sama-sama baiknya bagi tubuh. Hal ini lantaran keduanya tetap mengandung protein dan serat yang tinggi. 

6. Yogurt 

Mengonsumsi yogurt saat sahur juga sangat baik bagi penderita asam lambung. Hal ini karena yogurt mampu melapisi esofagus, sehingga tak akan merasakan asam yang mengiritasi lapisannya. Namun, jangan sembarangan dalam memilih produk yogurt yang dikonsumsi. Lebih baik jika memilih yogurt yang rendah lemak, untuk menurunkan risiko asam lambung naik. 

7. Teh Jahe 

Mengonsumsi secangkir teh jahe saat sahur bisa meredakan nyeri asam lambung. Tak hanya memberikan rasa ketenagan, minuman ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan iritasi gastroesofagus serta menenangkan perut. Jahe juga dapat membantu meredakan rasa mual akibat asam lambung yang tinggi, sehingga bisa mencegah muntah ketika berpuasa. 

Demikian tadi menu sahur untuk penderita asam lambung. Beberapa menu di atas bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari oleh penderita asam lambung agar tetap lancar menjalani ibadah puasa. Semoga ibadahmu tetap lancar ya Beauty!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan