Menu

Gak Sekadar Gerak Doang, Ahli Beberkan Perbedaan Aktivitas Fisik dengan Olahraga, Jangan Salah Kaprah!

21 Maret 2023 07:15 WIB

Para wanita yang sedang melakukan senam aerobik. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, olahraga menjadi salah satu kegiatan rutin yang wajib kamu lakukan jika ingin menciptakan tubuh yang sehat dan bugar. Sayangnya, banyak anggapan bahwa aktivitas fisik sudah termasuk olahraga.

Dalam konferensi pers Senior Expo 2023 yang diselenggarakan di Hotel Century Park, Jakarta Selatan (20/3/2023), dr. Finna Augustina Suryanto, Sp.K.O., dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) menjelaskan bahwa masih banyak yang gagal membedakan antara aktivitas fisik dengan olahraga.

“Banyak yang menganggap nyapu, ngepel, dan beberes itu olahraga. Padahal, beda antara aktivitas fisik dengan olahraga,” ungkapnya.

Ia membedakan ada tiga jenis gerakan yang berbeda namun dianggap sama. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, Beauty.

1. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik merupakan gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran tenaga dan energi. Aktivitas ini kemudian memicu terjadinya pembakaran kalori.

Adapun contoh bergerak yang termasuk sebagai aktivitas fisik adalah beberes rumah. Ini merupakan sebuah gerakan yang akan membuat tubuh sehat, namun belum sampai tahap bugar, Beauty.

2. Latihan fisik

Latihan fisik merupakan aktivitas fisik yang terukur, terstruktur, dan terencana untuk mencapai kebugaran jasmani. Gerakannya cenderung berulang dan memiliki durasi yang terencana.

Contoh dari latihan fisik mencakup jalan pagi. Kamu akan melakukannya secara berulang dan terus-menerus.

3. Olahraga

Selanjutnya olahraga merupakan bentuk gerakan yang dilakukan dengan mengikuti aturan tertentu. Biasanya mengandung unsur kompetisi serta mampu meningkatkan kebugaran dan prestasi.

Perbedaannya dengan latihan fisik adalah adanya aturan dalam olahraga. Meski begitu, keduanya sudah mampu untuk meningkatkan kebugaran tubuh, Beauty.

Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan kebugaran?

Anggota PDSKO itu menjelaskan bahwa kebugaran merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kelelahan. Bahkan, tubuh seperti memiliki cadangan energi untuk melakukan aktivitas fisik lainnya.

“Bugar artinya mampu melakukan aktivitas sehari hari dengan lebih nyaman. Setelah menjadi habit setelah 21 hari saat disuruh stop mereka gak mau karena badan enak saat melakukan aktivitas fisik,” tandasnya.

Itu dia perbedaan aktivitas fisik dengan olahraga. Jangan salah lagi, ya!

Share Artikel:

Oleh: Noorma Amalia Siregar

Artikel Pilihan