Menu

Gak Semua Hal Harus Dibeli, Ini 3 Cara Meminimalisir Pengeluaran Selama Ramadan, Jangan Boros Ya Moms!

21 Maret 2023 11:52 WIB

Ilustrasi mengatur keuangan. (Unsplash/Sharon McCutcheon)

HerStory, Jakarta —

Setiap Ramadan, tren belanja tentu sangat meningkat. Tak sedikit para Moms yang ingin persediaan makan dan minuman mencukupi selama satu bulan penuh. 

Belum lagi tren akhir Ramadan atau Idulfitri yang identik dengan baju baru. Akibatnya, sifat konsumerisme pun sangat tinggi dan pengeluaran bulanan menjadi meningkat. 

Padahal, Ramadan tak hanya sekadar menahan lapar dan haus, tapi juga menjadi momentum untuk membatasi diri dari nafsu, termasuk terhadap pembelian yang berlebihan.

Sebab itu, penting untuk para Moms membatasi pembelian terhadap sesuatu yang tak penting. 

Berikit ini cara meminimalisir pengeluaran selama Ramadan biar uang gak boros, sebagaimana sudah HerStory kutip dari Greeneration, Selasa (21/3/2023). 

1. Utamakan Kebutuhan

Seperti dijelaskan sebelumnya, berpuasa melatih kita untuk menahan hawa nafsu termasuk dalam hal membeli barang. Baiknya, beli sesuatu yang memang benar-benar dibutuhkan bukan diinginkan. 

Catat beberapa kebutuhan bahan pangan yang sudah habis dan jangan membeli sesuatu di luar perencanaan. Meski sah-sah saja untuk memanfaatkan penawaran diskon Ramadan, Moms jangan sampai tergiur untuk membeli hal yang bukan menjadi kebutuhan, ya! 

2. Perhatikan Pola Makan

Setelah menahan lapar dan haus seharian, perut rasanya ingin makan semua yang ada di depan mata. Namun apakah Moms yakin bisa menghabiskan semuanya?

Sebab itu, penting untuk tetap makan dan minum dengan porsi cukup dan tidak berlebihan. Ketika membeli makanan, jangan pernah berpikir perut mampu menampung semuanya. 

Agar perut terasa kenyang lebih lama, konsumsi makanan yang kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan. Hindari makanan tinggi lemak dan garam tapi rendah nutrisi, seperti burger, pizza, ayam krispi goreng, dan sebagainya. 

3. Buat Rencana Keuangan

Dalam mempersiapkan kebutuhan selama Ramadan, langkah utama perlu dilakukan adalah buat rencana keuangan. Dengan demikian, Moms bisa mengatur pengeluaran dengan bijak. 

Buat daftar prioritas apa saja yang dibutuhkan selama Ramadan hingga lebaran. Jangan lupa untuk senantiasa menyisihkan sebagian uang untuk bersedekah di bulan suci ini. 

Semoga informasinya bermanfaat, ya Moms!

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani

Artikel Pilihan