Menu

Hampers Ramadan Jadi Idaman, UMKM Wajib Tahu Prinsip Penting Jualan Ramah Lingkungan, Catat Ya!

21 Maret 2023 20:20 WIB

Moonseed Pottery (penjual asal kab. Bantul) dapat menjadi salah satu pilihan bagi yang ingin memberikan hampers unik kepada keluarga terdekat. (Tokopedia/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Data dari Tokopedia mencatat adanya kenaikan pesat penjualan hampers Ramadan. Bahkan, peningkatan periode 2-9 April 2023 ini mengalami kenaikan sebanyak 2,5 persen dari minggu sebelumnya.

“Hal itu disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen yang banyak berkirim hantaran atau hampers di momen-momen spesial seperti menjelang hari raya. Ini memang bisa menjadi momen yang tepat bagi pelaku usaha untuk menaikkan penjualan produk hampers, namun Tokopedia terus mengimbau penjual untuk membuat produk hampers yang lebih ramah lingkungan,” jelas Maisyalina, selaku Growth Marketing Senior Lead Tokopedia.

Sayangnya, seiring dengan peningkatan penjualan hampers, peningkatan volume sampah juga meninggi hingga 4% lebih banyak di bulan Ramadan 2022. Hal ini terjadi karena perubahan pola konsumsi sepanjang bulan Ramadan.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kenaikan sampah ini, Tokopedia memberikan tips jualan ramah lingkungan kepada pelaku UMKM. Pelaku bisnis ini berperan aktif menerapkan prinsip ramah lingkungan demi memberikan dampak positif bagi lingkungan dan seluruh mitra strategis secara jangka panjang.

Tokopedia mendorong UMKM untuk menerapkan prinsip 4R dalam berbisnis. Ini merupakan upaya untuk menggunakan ulang sebuah kemasan agar gak terbuang dan menjadi sampah.

“Kemasan ramah lingkungan adalah kemasan yang menerapkan prinsip 4R: reduce (mengurangi sampah), reuse (bisa digunakan berulang kali), repurporse (bisa dipakai kembali untuk tujuan lain) dan recycle (bisa didaur ulang). Misalnya, toples kaca bisa digunakan untuk kue kering. Paper bubble wrap dan kertas cacah bisa dipakai untuk mengemas barang pecah belah,” jelas Maisyalina.

Maisyalina berkata kesadaran masyarakat menggunakan kemasan ramah lingkungan semakin tinggi, “Terbukti dari penjualan berbagai kemasan ramah lingkungan pada minggu pertama Ramadan 2022 yang meningkat dibanding minggu sebelumnya. Penjualan paper bubble wrap dan besek bambu naik masing-masing hampir 1,5 kali lipat, sedangkan kantong singkong lebih dari 2 kali lipat.”

Selain  itu, UMKM juga sebaiknya mengajak pembeli untuk menerapkan gaya hidup daur ulang. Berikan sebuah instruksi untuk mendaur ulang agar kemasan dapat digunakan menjadi barang dengan sebuah nilai guna.

Selipkan kartu ucapan atau catatan kecil yang berisi imbauan bagi pembeli untuk mendaur ulang atau memanfaatkan kembali kemasan dari hampers yang diterima. 

“Sebutkan juga dampak apabila pembeli bersedia mendaur atau memakai ulang kemasan hampers tersebut untuk meningkatkan kesadaran lebih banyak masyarakat agar peduli lingkungan,” jelas Maisyalina.

Artikel Pilihan