Menu

Jerawat Bikin Beauty Gak Pede? Masker Kunyit Ampuh Atasi Keluhanmu

23 Maret 2023 18:20 WIB

Ilustrasi wajah berjerawat. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Adanya jerawat di wajah ternyata mampu meruntuhkan rasa percaya diri seseorang, apa kamu termasuk Beauty? Meski bukan termasuk penyakit berbahaya, kehadiran jerawat bikin seseorang merasa tidak nyaman.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar jerawat lenyap dari wajah, salah satunya dengan bahan alami. Ya, membasmi jerawat tak melulu merogoh kocek mahal lho.

Beauty, ternyata jerawat bisa hilang jika rutin memakai masker wajah dari bahan alami, yaitu kunyit. Pasalnya, kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang diyakini bermanfaat untuk mengatasi peradangan pori-pori kulit akibat jerawat.

"Manfaat masker kunyit untuk kecantikan antara lain bisa mengatasi jerawat dan tanda penuaan dini. Jenis masker ini pun bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah,"ungkap Dr. Rianti Maharani M.si yang dilansir HerStory dari tayangan 'Ayo Hidup Sehat TVOne' pada Rabu (22/3/2023)".

Selain itu, masker kunyit juga bisa membut kulit wajah terasa lebih halus, bersinar, tampak cerah dan terbebas dari masalah kulit lainnya.

Ditambahkan oleh dokter Rianti, masker kunyit akan lebih maksimal jika dicampur dengan madu dan bahan alami lainnya.

"Masker kunyit untuk wajah ini akan terasa maksimal bila dicampurkan dengan madu. Madu adalah bahan alami yang mengandung antioksidan dan antibakteri," jelasnya.

Manfaat madu dipercaya dapat membantu menenangkan kulit berjerawat serta mencegah munculnya jerawat di kemudian hari, lho Beauty.

Selain madu, kamu juga bisa mencampur masker kunyit untuk jerawat dari campuran bahan alami lainnya, seperti lidah buaya dan teh hijau. Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit berjerawat yang meradang.

Dokter Rianti pun membagikan resep masker alami dari kunyit untuk menghilangkan jerawat di wajah."Sediakan 1sdm bubuk kunyit, tambahkan 1sdt tepung beras, 1sdt susu bubuk, dan madu, lalu aduk hingga menjadi pasta, kemudian aplikasikan ke wajah hingga kering dan bilas dengan air hangat".

Masker kunyit ini bisa kamu gunakan sebanyak 2x dalam seminggu. Menariknya, masker kunyit bagus untuk mengurangi peradangan dan serangan bakteri ketika wajah berjerawat.

Tak hanya itu, mengoleskan masker kunyit ke wajah secara rutin diyakini baik untuk mengatasi noda hitam akibat hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan bercak-bercak yang lebih gelap dari kulit di area sekitarnya.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan krim berbahan dasar kunyit selama 4 minggu berturut-turut dapat menurunkan masalah hiperpigmentasi sebesar 14 persen.

So, Beauty, semoga informasi mengenai masker kunyit untuk mengatasi jerawat bisa bermanfaat, ya.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah