Menu

Terlihat Sepele, 3 Perlakuan Orang Tua Ini Bisa Bikin Anak Sakit Hati, Pernah Melakukannya?

11 Januari 2021 10:40 WIB

(Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Moms, layaknya orang dewasa, anak juga punya perasaan yang mesti dijaga. Jangan sampai, perlakuan kita pada anak tanpa kita sadari bisa saja membuatnya sakit hati.

Anak yang belum pandai mengekspresikan dirinya untuk mengatakan kalau ia tidak suka dengan apa yang orang tuanya lakukan biasanya akan memberontak dengan cara menangis, marah-marah, atau bahkan menjadi lebih diam dan menyendiri.

Tentunya orang tua harus peka dengan kondisi seperti ini. Sakit hati yang dialami anak juga tidak bisa dianggap sepele. Jika berlanjut, anak bisa mengingatnya sampai dewasa lho, Moms!

Orang tua pun mungkin tidak bermaksud untuk menyakiti perasaan si kecil. Namun, secara tidak sadar perlakuannya justru mengatakan hal sebaliknya. Untuk meminimalisirnya, Moms bisa mengidentifikasi 3 perlakuan orang tua yang bisa membuat anak sakit hati sebagai berikut.

1. Membuatnya selalu mengalah karena sang adik

Ketika si adik menangis karena menginginkan mainan sang kakak, pernahkah Moms menyuruh si kakak untuk mengalah dan memberikan mainan pada si adik? Faktor si kakak yang lebih tua tidak bisa dianggap seagai alasan untuk ia terus mengalah pada adiknya.

Berikan penjelasan pada si kakak untuk bisa berbagi, namun jangan memaksanya untuk memberikan apa yang ia punya pada si adik. Jika dibiarkan, anak akan menganggap bahwa ia harus terus mengalah dan mungkin ia berpikiran bahwa ibunya lebih menyayangi si adik.

2. Pilih-pilih anak

Misalnya Moms akan berpergian ke suatu tempat. Tetapi Moms hanya mengajak salah satu anak dan meninggalkan yang lainnya. Mungkin Moms akan membawa anak yang lebih tenang dan tidak rewel supaya tidak ribet saat berpergian. Nyatanya, perlakuan seperti ini bisa membuat si kecil sakit hati.

3. Terlalu sering mengomel

Misalnya si kecil sulit untuk dibangunkan lalu Moms menjadi kesal dan mulai mengomelinya. Tahukah Moms, mood yang dibentuk di pagi hari bisa menentukan bagaimana mood anak sepanjang hari? Jika pagi harinya anak sudah dibuat kesal, jangan salahkan anak ketika sepanjang hari ia rewel karena Moms punya andil dalam pembentukan sifatnya itu.

Nah, itu dia 3 perilaku yang terlihat sepele namun berpotensi membuat si kecil sakit hati. Semoga tidak dilakukan lagi, ya Moms!

Artikel Pilihan