Menu

Jarang yang Tahu, 5 Jenis Kurma Paling Populer di Indonesia, Punya Perbedaan Tekstur dan Rasa Lho!

26 Maret 2023 09:17 WIB

Buah Kurma (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Selama Ramadan, kurma membanjiri toko-toko ritel serta pasar-pasar di Indonesia. Tak sedikit jenis kurma beredar dengan harga yang beragam. Pasalnya, buah kurma hukumnya sunnah untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Namun, belum banyak orang mengetahui apa saja jenis kurma dan bagaimana perbedaannya. Sebab, secara sekilas berbagai jenis kurma memiliki bentuk dan warna yang hampir sama. 

Biar gak salah, yuk kenali 5 jenis kurma paling populer di Indonesia beserta perbedaan tekstur dan rasanya berikut ini, sebagaimana sudah HerStory rangkum dari Bateel, Minggu (26/3/2023).:

1. Ajwa

Ajwa merupakan kurma yang berasal dari Madina, Arab Saudi. Jenis ini disebut sebagai kurma termahal karena dibudidayakan dalam jumlah terbatas. 

Kurma Ajwa dulunya menjadi suguhan untuk orang-orang terhormat selama berabad-abad. Jenis ini memiliki tekstur halus berwarna hitam sehingga terasa lembut di mulut tapi tidak manis. 

2. Kholas

Jenis kurma populer di Indonesia selanjutnya adalah Kholas. Kurma ini dapat dinikmati pada setiap tahap kematangan, seperti balah (belum matang), rhutab (semi-matang), atau tamr (sepenuhnya matang).

Kurma ini memiliki kulit cokelat gelap keemasan dengan bentuk oval. Kholas cocok disajikan dengan kopi karena rasanya yang manis.

3. Medjool

Medjool dikenal sebagai kurma California. Selain di Indonesia, kurma jenis ini juga populer di seluruh dunia.

Medjool memiliki kulit luar yang tebal berwarna coklat tua dengan bentuk memanjang besar dan ujung runcing. Kurma ini memiliki rasa karamel yang khas dengan sedikit vanila.

4. Segai

Berasal dari Arab Saudi, kurma Segai memiliki penampilan multi-warna yang unik. Bentuknya memanjang dengan bagian badan lebih lebar dari ujungnya. 

Kurma Segai memiliki warna oranye gelap. Rasanya mirip gula merah hangat dengan bagian dalam sedikit berair, lembut tapi tidak terlalu manis.

5. Sokari

Kurma terakhir yang juga populer di Indonesia adalah Sokari. Jenis ini dikenal sebagai kurma kerajaan dengan citarasa karamel manis yang renyah serta teksturnya lembut.

Sokari mengandung sedikit air di bagian dalamnya sehingga terasa basah saat dimakan. 

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani